PHP Dev Cloud Hosting

Kornelis Pakage dinyatakan lulus Promosi Doktor, ini kata Kambuaya

  • Bagikan

 

Jayapura, [WAGADEI] – Wilayah adat Meepago, khususnya Kabupaten Deiyai patut berbangga atas kelulusan salah satu putra terbaik yang menempuh studi Strata Tiga (S3) program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Kamis, (1/4/2021). Dialah adalah Dr. Kornelis Pakage pada hari Senin, (1/4/2021) melaksanakan sidang terbuka promosi doktor.

 

Pakage saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Deiyai ini dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan (A+).

 

Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A. mengatakan manajemen adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk mengatur dan memanfaatkan Sumber Daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi atau sekelompok tertentu.

 

“Manajemen dalam kepemimpinan saudara harus baik. Dengan pengetahuan dan ilmu yang saudara dapat harus membuktikan mulai dari sekarang di tempat kerja saudara,” ujar Kambuaya dalam sambutannya di auditorium Uncen Jayapura.

 

Hasil penilaian tim penguji kepada mahasiswa program Doktor tersebut, menurutnya dinyatakan lulus dan layak menyandang gelar Doktor dengan memperoleh nilai sangat memuaskan.

 

“Pertimbangan lain memberikan nilai sangat memuaskan, dinilai dari hasil ujian tertutup yang sebelumnya telah dilakukan dan melihat proses perkuliahan mampu dijalankan dengan baik oleh kedua promovendus di hadapan tim penguji, ujian tertutup yang sebelumnya dilakukan, dan proses perkuliahan telah dilakukan selama menjadi mahasiswa,” ujarnya.

 

Ia bahkan tantang Pakage jika tak laksanakan manajemen dengan baik, maka gelar doktor patut dipertanyakan.

 

“Nanti publik akan bertanya, apakah ini benar doktor manajemen atau tidak? Tapi saya akui, anda telah memiliki kompetensi dalam bidang manajemen ini. Ini Tuhan siapakah saudara untuk menjadi pemimpin di tanah ini, terutama di tempat saudara kerja,” ujarnya.

 

 

Doktor baru, Kornelis Pakage mengatakan, ia memiliki dua gelar di bidang kesehatan yakni S.KM, dan M.Kes namun untuk strata tiga ia mengambil keputusan untuk belajar bidang manajemen. Sebab bagi dia, manajemen juga diartikan sebagai seni dalam mengatur dan melaksanakan sebuah organisasi.

 

“Saya sudah botak ini fokus di bidang kesehatan, tapi di kantor saja. Tapi saya mau manajemen harus baik, soalnya selama ini saya tidak tahu manajemen. Contohnya manajemen dalam kantor, salah satunya seperti mengatur keuangan, waktu dan kerja dalam dinas,” kata Pakage.

 

Ilmu manajemen kata dia, juga sebagai seni dalam menyelesaikan tugas melalui perantara. Dalam hal ini, manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang manager.

 

“Itu untuk mengarahkan bawahan atau orang lain dalam menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya sebuah tujuan,” kata dia. [*]

 

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *