Bupati Lanny Jaya diminta ungkap oknum DPRD yang fasilitasi demo

Jayapura, [WAGADEI] – Belum lama ini Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom mengungkapkan bahwa aksi demonstrasi penolakan Otonomi Khusus [Otsus], penarikan militer non organik dan Daerah Otonom Baru [DOB] justru difasilitasi oleh ketua dan anggota DPRD Lanny Jaya.

 

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Fraksi Perindo DPRD Kabupaten Lanny Jaya Yeru Murib bahwa lembaga DPRD merupakan honainya rakyat yang menerima, menampung dan memproses aspirasi rakyat.

 

“Kami minta saudara Bupati Lanny Jaya ungkap siapa sebenarnya yang memfasilitasi demo penolakan DOB, Otsus dan penarikan militer non organik itu. Harus tahu bahwa kantor DPRD merupakan honainya rakyat,” ujar Yeru Murib kepada media, Kamis, (1/4/2021).

 

Pria itusan daerah pemilihan II Lanny Jaya itu mengatakan, penolakan terhadap Otsus jilid II dan menolak DOB sudah terjadi di beberapa daerah seperti Manokwari, Deiyai, Dogiyai, Nabire, Nduga dan lainnya. Ia mempertanyakan, ada apa dengan Lanny Jaya?.

 

“Menyampaikan aspirasi itu tidak harus Bupati. Apapuan aspirasi berapapun jumlah itu DPRD siap terima dalam jumlah besar ataupun kecil. Siapapun tidak membatasi ruang hak menyampaikan pendapat di muka umum,” ungkapnya.

 

Ia mengatakan penolakan terhadap sejumlah ‘gula-gula’ manis dari Jakarta itu, perwakilan masyarakat Beam hingga Kuyawage sudah disampaikan aspirasi kepada pihaknya. “Dan DPRD sudah menyampaikan aspirasi rakyat kepada DPR Papua,” ucapnya.

 

“Karena DPR Papua adalah rumah kita bersama. Maka mereka menyampaikan aspirasi kepada kami DPRD kabupaten Lanny Jaya,” katanya.

 

Oleh sebabnya, ia meminta saudara Bupati Lanny Jaya segera bertanggung jawab atas tudingan kepada DPRD yang berbau tidak sedap itu.

 

“Kami minta saudara Bupati harus bertanggungjawab dengan tudingan tersebut. Sebaiknya saudara Bupati sebagai pimpinan daerah berbicara sesuai data dan fakta. Jangan sepihak sebaiknya netral,” katanya.

 

Hingga berita ini diturunkan, wagadei.com telah berupaya menkonfirmasi kepada Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom namun tak memberikan keterangan balik. [*]

 

Reporter: Yas A. Wenda

Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares