PHP Dev Cloud Hosting

Mahasiswa Lehim di Jayapura gelar pelatihan dasar jurnalistik

  • Bagikan

 

Jayapura, [WAGADEI] – Forum Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Lembah Hijau [FK-PMLHK] menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik sehari.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di asrama Serviam Kamuu yang berlokasi di Prumnas II Waena, Kota Jayapura, Jumat, [26/3/2021] yang diikuti oleh 40 orang asal Lembah Hijau yang sedang mengenyam pendidikan di Jayapura

 

Materi dibawakan oleh Bendictus Agapa, salah satu wartawan pemula di Jayapura. Dalam materinya, Agapa menyampaikan anak Papua ditantang untuk menjadi wartawan. Pasalnya tanah Papua menjadi gudang konflik yang berkepanjangan sehingga dibutuhkan wartawan asli terus menerus mengekspos.

 

“Banyak konflik yang telah dan sedang terjadi, senior-senior kita membutuhkan kita. Setelah mereka tidak lagi kerja di media, tidak ada pengganti mereka. Kalau bukan kita siapa lagi. Jadi anak Papua, lebih khusus dari Meepago harus ada wartawan,” katanya.

 

Menurut dia, materi yang disampaikan akan mengarah ke proses penulisan bagaimana seorang jurnalis ke lapangan untuk mengambil data, selanjutnya mengolah.

 

“Nah lalu membagi atau perluaskan. Jadi harapan saya kepada kita semua semoga melalui pelatihan yang kita akan gelar ada satu atau dua orang yang menjadi wartawan yang handal agar bisa menulis realita tang terjadi di atas tanah Papua,” katanya.

 

Ketua FK-PMLH se Jayapura, Fransiskus Yobe mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan agenda rutin dalam kepemimpinannya sebagai upaya meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam menulis dan membuat berita.

 

“Melalui pelatihan jurnalistik semua mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengetahui dunia jurnlis terutama jurnalis online di era industri,” kata Yobe.

 

 

Ia mengatakan, pelatihan jurnalistik mahasiswa yang merupakan hal penting bagi mahasiswa dalam belajar menulis dan membuat berita. Pihaknya akan berusaha untuk melakukan pelatihan-pelatihan dasar jurnalistik kedepan agar bisa terpanggil menjadi jurnalis.

 

“Akan ada materi seperti ini lagi ke depan untuk menyiapkan anggota Lehim menjadi wartawan di sejumlah media yang ada di tanah Papua,” kata Yobe.

 

Ia berharap semua peserta memaknai bahwa kegiatan jurnalistik sangat penting karena berhubungan dengan sebuah informasi yang akan disampaikan, terutama jaman revolusi yang sangat mudah sekali informasi didapatkan.

 

“Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dunia jurnalistik terutama di media online,” ungkapnya. [*]

 

Reporter: Yulianus Magai

Editor: Glow

 

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *