Bupati Paniai bakal tatap muka dengan Poktan Kopi

Paniai, [WAGADEI] – Bupati Paniai Meki Nawipa berencana akan menemui para kelompok tani [Poktan] kopi yang tersebar di 24 distrik pada Selasa, [9/3/2021] di kantor Bupati Paniai.

Nawipa mengatakan, pertemuan tersebut guna meningkatkan kualitas Poktan kopi dan perorangan yang sudah tanam kopi agar sektor pertanian, perkebunan dan perekonomian agar bisa lebih berkembang dan eksistensinya terjaga.

“Besok hari Selasa, saya mau temui 422 kelompok tani dan perorangan. Jadi tahun 2021 ini tahun aksi untuk pengembangan kopi sesuai dengan apa yang saya janji ketika turun ke kebun kopi,” ujar Bupati Meki Nawipa, Selasa, [8/3/2021].

Pemkab Paniai kembali menegaskan akan fokus pada pertanian pada tahun 2021. Pertanian difokuskan untuk menunjang sektor perekonomian agar bisa lebih berkembang dan eksistensinya terjaga.

“Keseluruhan kebun kopi ada 4552. Satu kebun ditanam 2000 pohon, sekarang sudah tumbuh besar-besar,” kata dia.

Pertemuan tersebut juga kata Nawipa guna mengatur jadwal kunjungan ke setiap kebun kopi dan memberikan bantuan tunai.

“Jika sudah sejahtera, pertanian akan menunjang perekonomian,” katanya.

Seusai itu, ia bakal menemui petani yang memiliki kolam ikan di 24 distrik. “Kalau yang tani kolam ikan itu sebanyak 232 yang terdaftar di sini,” ucapnya.

Salah satu petani kopi, Agus Kadepa mengatakan, pihaknya telah mendapatkan undangan pertemuan tersebut.

“Kami sudah dapat informasi pertemuan itu. Jadi sejatinya memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian,” kata Kadepa

Ia berharap, dalam pertemuan itu bisa menemukan petani dengan para pemangku kepentingan untuk mencarikan solusi atas beberapa permasalahan yang selama ini membelit petani. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares