Minim alat penunjang, OAP di Nabire cetak batu batako

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Warga Karadiri ll, Wanggar Makmur, Distrik Nabire Barat, Kabupaten Nabire melaksanakan kegiatan buat batu batako walaupun minim alat penunjang. Hendrikus Kegiye, pemilik batako mengatakan, minimnya alat penunjang bukan penghalang baginya. Ia tetap yakini suatu kelak akan berkembang usahanya.

“Apabila ada orang yang mau ingin belajar membuat batu batako bersama saya,saya harap mohon hadir dalam kegiatan membuat batu batako dengan saya. walaupun saya belum punya alat pribadi,” ujar Hendrikus Kegiya, Sabtu, [13/2/2021] kepada wartawan wagadei.com.

Umumnya batako yang dikerjakan menggunakan mesin memiliki kepadatan yang lebih baik dibandingkan dengan batako yang dibuat secara manual.

Ia dibantu kerja Thedy Kegiye, seorang saudaranya.  Karena orang asli Papua [OAP] juga harus tahu cara bagaimana membuat batu batako seperti ini. “Saya juga dibantu Elisabeth Mote dan Lidia Magai. Mereka kerja masukan smen dalam alat dan aduk smen,” ucapnya.

Setiap orang pasti menginginkan bangunan rumah yang nyaman, aman dan kokoh untuk ditinggali hingga puluhan tahun bersama keluarga tercinta. Untuk mendapatkan rumah yang mereka idamkan tersebut, pemilihan bahan bangunan menjadi faktor penting yang diperhatikan.

“Ada Evangelis Penehas Mote, dia sebagai pemilik rumah  yang kami buatkan batu batako,” ucapnya.

Kelebihan batako, kata dia keseragaman yang lebih baik dibanding batu bataBatako yang berukuran lebih besar dapat dipotong lebih rapi dan presisiDimensi batako yang lebih besar meringkas waktu pemasanganDikenal lebih kedap air yang dapat menekan masalah akibat dinding yang lembab dan rembesan air hujanMemiliki rongga di dalamnya sehingga membuatnya lebih ringan setelah membentuk bangunan dan cocok untuk konstruksi dua lantai atau lebihTidak butuh direndam sebelum proses pemasangan.

“Dalam satu hari saya bisa cetak 1000 batu batako,” katanya.[*]

Reporter: Abed Madai
Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *