Unggul dua hal, LL Dikti XIV apresiasi Uswim Nabire

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Universitas Satya Wiyata Mandala [Uswim] Nabire mewisudakan 373 sarjana baru dari empat fakultas tahun akademik 2020/2021 di halaman kampus yang berlokasi di Kelurahan Kali Bobo Nabire, Kamis, [3/12/2020].

Pelaksanaan wisuda itu langsung disaksikan keluarga dan masyarakat sebab pihak Uswim hanya mendirikan tenda dan podium utama pakai keramik tinggi satu meter. Acara wisuda seperti ini di seluruh dunia biasanya dilaksanakan di dalam ruangan tertutup. Yang bisa saksikan secara langsung hanya satu atau dua orang yang telah menerima surat undangan.

Atas pelaksanaan wisuda secara terbuka ini mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi [LL Dikti] wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S. Mofu bahwa kampus Uswim mencatat sejarah atas dua hal, diantaranya tiap wisuda dilaksanakan di tempat terbuka dan orang asli Papua [OAP] mendominasi setiap periode.

“Masyarakat bisa menyaksikan langsung di lapangan terbuka, ini sesuatu yang sangat luar biasa. Suasana ini masyarakat menikmati, apalagi para orang tua yang turut hadir. Wisuda di Uswim ini selalu ada cerita baru karena orang asli Papua juga mayoritas. Orang Papua yang paling banyak wisuda di tempat ini,” ungkap Dr. Suriel S. Mofu dalam sambutannya.

Ia bahkan ucapkan terima kasih kepada rektor, dosen dan tenaga kependidikan yang telah mendidik mahasiswa sehingga bisa menyelesaikan pendidikan.

“Uswim Nabire telah layak untuk melaksanakan wisuda dan telah menyelesaikan pendidikan sehingga layak mendapatkan gelar dan mendapatkan ijasah yang memiliki identitas nasional,” ucapnya.

Ia berharap kepada wisudawan agar pergunakan ilmu dengan baik di tengah-tengah masyarakat dan bertanggung jawab atas kehadiran bermasyarakat dan berbangsa.

“Sudah pegang ijasah harus berbuat sesuatu yang baik, jangan diam dan wajib bertanggungjawab atas kehidupan orang Papua, terutama keluarga dan masyarakatmu,” kata Mofu.

Rektor Uswim, Petrus I. Suripatty mengatakan wisuda kali ini merupakan angkatan ke 19. Secara keseluruhan berjumlah 5000-an orang yang dihasilkan Uswim, mereka bekerja sebagai ASN, TNI, Polri, Politikus, Swasta.

Menurut dia, dirilis data pada porlap dikti semester 2019/2020 jumlah mahasiswa yang telah daftar 2800 orang. Sementara jumlah dosen berjumlah 154 masing-masing S3 sebanyak dua orang, S2 sebanyak 90 orang dan selebihnya S1, sedangkan jabatan yang memiliki fungsional 90 orang.

“Semester 2020/2021 ini Uswim mendapatkan kepercayaan untuk melakukan daring bersama dua perguruan tinggi. Dari 13 program studi ini Uswim terus berkembang dan berbenah terutama jaringan internet yang dapat diakses oleh semua civitas akademika Uswim Nabire yang dipusatkan pada jaringan dan Kominfo,” kata Petrus.

Ia berharap agar wisudawan yang sudah berhasil melewati semua proses, sebagai rektor ia mengakui apresiasi atas keberhasilan ini.

“Bahwa ini dukungan dari keluarga dan Tuhan.Telah memperoleh dan membanggakan, ada yang lulus dengan predikat memuaskan dan berhasil dengan sempurna. Ini hasil ketabahan kalian. Disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas dalam dunia yang dilanda dengan globalisasi dan modernisasi,” katanya. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *