Saluran tertutup, rumah warga terendam air

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Guyuran hujan deras di kawasan dusun desa Bumi Raya, Kecamatan Nabire Barat, Kabupaten Nabire tepatnya rumah warga di samping Irigasi jalur 1 barat digenangi air, Selasa, [01/12/2020]

Kawasan ini kerap kali terendam banjir bila musim hujan atau curah hujan tinggi. Pada hari ini, Selasa, [1/12/2020] tepat pukul 17:23 WP sampai semalaman,hujan tak berhenti sehingga luapan air makin bertambah besar.

“Kalau hujan besar, biasanya saluran air tertutup, tidak tahu jam berapa hujan akan berhenti,” kata Ben Adii, salah satu warga.

Jika hujan lebat banjir terus, semalaman bisa banjir karena saluran jalan air tertutup atau tertimbun seperti tanah, kayu, dan rumput.

“Sehingga ketika hujan datang tidak mengalir, pasti air menyebar ke dalam rumah warga. Kami sudah berapa kali melakukan pembersihan secara manual namun tidak berhasil,” ujarnya.

Akibatnya dari banjir itu, menurut dia, rumah warga terendam air, bahkan air juga bakal masuk dalam rumah sehingga korban harta benda milik warga, setidaknya kedalaman air 10 cm.

“Tentu saja, merugikan harta benda warga setempat,” katanya.

Ia meminta agar ketika Anggaran Dana Desa [ADD] tiba, supaya bisa memperbaiki untuk melancarkan air mengalirkan tanpa ganggu warga. Pembangunan irigasi ini sangat pentingkan agar warga tidak korban.

“Pemerintah Desa segera kontrol daerah kepemimpinannya,” ucapnya.

“Semalaman turun hujan dan semakin bertambah sehingga banjir. Kami tidak bisa tidur dan berapa barang terkena air yakni tas koper, speaker, dan alat dapur lainnya kami amankan hanya barang-barang penting,” ujar Enago Tekege warga lainnya.

Ia harapkan, pemerintah mesti bersinergi dan berkordinasi untuk memperdalam saluran jalan air agar air mengalir lancar tanpa menganggu warga sekitarnya. [*]

Reporter : Norbertus Douw
Editor : Uka Daida

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *