“Rumah Baca” hadir untuk cerdaskan generasi Papua

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Guna mencerdaskan generasi muda Papua, “Rumah Baca” didirikan dengan tujuan yang kuat di kampung Masyepi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Kehadiran ini tentunya bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia sejak bulan Mei 2019 lalu.

Epina Dowansiba aktivis Rumah Baca mengatakan, agar generasi muda bisa menjadi generasi yang cerdas dan membawa tanah Papua ini ke arah yang lebih baik.

“Tentunya dengan kemampuan yang kami miliki bisa ajari mereka agar kelak mereka bisa menjadi pemimpin yang baik,” ujur Epina Dowansiba kepada media wagadei.com dibalik selularnya, Jumat, [27/11/2020].

Menurut dia perkembangan dari rumah baca ini awalnya ada satu rumah baca atau dalam bahasa daerah Arfak Sougb yang artinya rumah binatang.

“Tetapi dengan pontingan-postingan saya di media sosial [medsos] akhirnya Ketua Komunitas Suka Baca [KSM] melihat dan baca lalu digabungkan,” katanya.

Kata dia, Ketua Komunitas Suka Baca [KSM], Lamek Dowansiba telah bersedia menjadi pendiri “Rumah Baca” dan hampir di kabupaten Manokwari sudah ada rumah baca.

Di dalam rumah baca kata dia, pihaknya menjalankan beberapa kegiatan literasi yang diajari kepada anak-anak yakni membaca, menulis dan menghitung.

“Orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini ada beberapa mahasiswa, gyru dan intelektual. Pertemuan dalam seminggu itu dua sampai tiga kali,” katanya.

Menjalankan kegiatan ini ia tegaskan, bukan mencari kepentingan pribadi dan tidak meminta segala bantuan apapun dari pihak pemerintah. [*]

Reporter: Norbertus Douw
Editor : Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *