Luar biasa, Wabup Deiyai bersama Distanak salurkan 100 ekor anak babi

  • Bagikan

 

Deiyai, [WAGADEI] – Upaya mengembangkan sumber daya manusia [SDM] melalui kearifan lokal dengan membudidayakan ternak babi, maka Wakil Bupati [Wabup] Kabupaten Deiyai Hengky Pigai bersama Dinas Pertanian dan Peternakan [Distanak] setempat telah membagikan 100 ekor bibit ternak babi.

Wakil Bupati Deiyai Hengky Pigai mengatakan, pembagian itu langsung kepada 50 kelompok peternak lokal yang terdata sebelumnya melalui gereja.

“Ini khusus untuk distrik Tigi, semua sudah dapat. Merata. Kami salurkan melalui gereja,” ujar Hengky Pigai.

Ia berharap bibit yang dibagikan agar dikembangkan untuk usaha kategori micro. “Kami harap mereka (masyarakat bisa kembangkan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Yakobus Pigai mengatakan, pihaknya membeli bibit di Nabire dari para peternak. Ia berharap ternak babi tersebut haruslah bisa menjadi bibit unggul dan sekaligus dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat lokal.

“Pembagian ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan pada tahun lalu tepatnya bulan Desember 2019. Tahun lalu kami juga sudah membagi ternak babi sekitar 50 ekor babi dan 4 ekor sapi,” ujarnya.

Menurut dia, akan menginventarisasi peternak mana saja yang akan diberikan bantuan bibit ternak. Setiap peternak hanya menerima bantuan sepasang ternak babi.

Menurut dia, bibit ternak babi nantinya akan disalurkan kepada peternak lain yang tahun ini tidak menerima bantuan.

Ia menambahkan, pihaknya akan melaksanakan Penyuluhan Peternakan, khususnya dalam menangani peternakan babi dan sapi. [*]

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *