PHP Dev Cloud Hosting

SMM Meepago di Jayapura dukung RDP MRP, tapi tolak Otsus!

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Solidaritas mahasiswa dan masyarakat [SMM] Meepago yang berada di Kota dan Kabupaten Jayapura, wilayah adat Tabi menegaskan menolak keberadaan Otonomi Khusus [Otsus] di tanah Papua.

Pernyataan tersebut sekaligus sebagai gerakan tolak Otsus yang akan dilaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan efektivitas Otsus oleh Majelis Rakyat Papua [MRP] dalam program Rapat Dengar Pendapat [RDP] yang akan dilaksanakan pada Selasa, [17/11] sampai Rabu, [18/11/2020].

Dalam pernyataan sikap itu dituliskan lima poin yang ditandatangani oleh lima ketua Forum Komunikasi Mahasiswa yakni Paniai, Isak Kedepa, Deiyai, Maikel Pekei, Dogiyai, Feleks Waine, Nabire, Yafet Degei, dan Intan Jaya, Apenie serta kepala suku Meepago di Tabi, Nus Gobay.

“Kami rakyat Papua yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa dan masyarakat Meepago di Tabi menyatakan tolak Otsus, tidak ada kehidupan orang asli Papua. Dengan tegas kami sampaikan kepada MRP bahwa tidak boleh libatkan pihak aparat keamanan, yakni TNI, Polri, Brimob dan intel,” kata ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Paniai di Jayapura, Isak Kedepa, Senin, (16/11/2020).

Pihaknya juga menolak Maklumat Kapolda Papua tentang RDP MRP di tengah masa pandemi Covid-19, sebab bagi mereka maklumat tersebut tidak ada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Papua.

“Harus berikan jaminan keamanan sesuai amanat UU 21 tahun 2001 Pasal 77,” ujarnya.

Pihaknya juga menolong dan mengutuk keras tindakan segelintir orang yang hendak mengatasnamakan masyarakat Meepago untuk menolak RDP Otsus. [*]

Reporter: Enaakidabii Carvalho
Editor: Uka Daida

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *