Terkait RDP MRP, ini usulan Fraksi Bangun Papua DPRP

Jayapura, [WAGADEI] – Dalam pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang akan digelar oleh Majelis Rakyat Papua [MRP] guna mendengarkan penilaian efektivitas pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) agar wajib melibatkan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat [TPN-PB] dan Komite Nasional Papua Barat [KNPB] dn digelar di tempat umum dan terbuka.

Hal itu dikatakan Sekretaris fraksi Bangun Papua DPR Papua, Alfred Freddy Anouw kepada wagadei.com bahwa kedua organisasi kemerdekaan Papua merupakan ujung tombak dari penderitaan yang dialami rakyat Papua selama berlangsungnya Otsus.

“Dalam RDP nanti harus diwajibkan TPN/OPM dan KNPB supaya mereka juga sampaikan apa yang mereka rasakan selama ini. Itu terutama di wilayah adat Meepago,” ujar Alfred Freddy Anouw, Sabtu, [14/11/2020].

Sebab menurut Anouw, selain rakyat Papua, TPN-PB dan KNPB selama ini menjadi perwakilan rakyat Papua terus menerus menentang keras terhadap Pemerintah Pusat.

“Kita tahu semuanya bahwa kehadiran Otsus itu sebagai pergantian kemerdekaan Papua. Dan ini ranahnya TPN-PB yang bicara pada saat RDP nanti, bukan pihak yang enak-enak tinggal di perkotaan dan yang nikmati dampak dari Otsus itu,” ujar politisi Partai Garuda ini.

Ia juga meminta agar pelaksanaan RDP dilaksanakan di tempat terbuka agar semua lapisan masyarakat bisa saksikan, lihat dan dengar apa saja yang akan dibicarakan dalam kegiatan itu.

Ketua MRP, Timotius Murib menyatakan Masa Sidang Triwulan IV tahun 2020 akan menjadi masa sidang khusus bagi MRP. Selama masa sidang itu, MRP akan menggelar RDP di lima wilayah adat, untuk mendengarkan masukan dan pendapat rakyat Papua menilai pelaksanaan Otsus Papua.

Murib berharap para anggota MRP dapat mempersiapkan diri dengan baik. “Karena itu, kami [sampaikan] arahan khusus [bagi] para anggota, [silahkan] mempersiapkan diri dengan baik supaya bisa melaksanakan RDP,” kata Murib dilansir jubi.co.id. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares