2 Jurnalis Asli Papua Bekali Pelatihan Menulis Kronologis

Nabire, [WAGADEI] – Dua jurnalis asli Papua diantaranya Abeth A. You dari Koran Jubi, Jubi.co.id juga sebagai pimpinan redaksi Wagadei.Com dan Arnold Belau selaku pimpinan redaksi SuaraPapua.Com menggelar pelatihan tentang menulis kronologis yang baik dan benar terhadap kalangan muda, terutama siswa, mahasiswa dan umum.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor KNPI Nabire, Papua, Selasa, [3/11/2020] pukul, 9:30 -11:00 WP. Pantauan wagadei.com, kurang lebih 60 lebih orang kegiatan tersebut.

Abeth A. You mengatakan, melihat perkembangan saat ini di mana-mana terjadi peristiwa namun kalang kaum muda tak bisa menyampaikan informasi yang baik dan benar lantaran belum tahu cara menulis kronologi secara baik.

Melihat situasi itu, dirinya bersama rekannya Arnol Belau menyepakati waktu mengisi pelatihan tentang menulis kronologis di kalangan muda, agar bisa tulis peristiwa secara faktual dengan cara menggunakan unsur 5W+1H demi penyempurnaan sebuah berita.

“Karena itu kesempatan ini bisa menjadi modal penting untuk bisa menulis kronologi suatu peristiwa dengan baik. Nah, setiap media rata-rata menulis berita berdasarkan 5W+1H yakni: (what) apa,
(who) siapa, (where) dimana, (when) kapan,
(why) mengapa, dan (how) bagaimana, untuk membuat kerangka berita,” katanya.

Arnold Belau, pimpinan redaksi SuaraPapua.Com mengatakan, pihaknya merasa kesal ketika terjadi peristiwa, banyak kalangan muda selalu memposting melalui akun facebook pribadi. Ia berharap, mulai sekarang bagaimana perspektif untuk tulis berita sesuai kronologis aktual berdasarkan unsur 5W+1H harus ditingkatkan.

“Setiap peliputan berita, semestinya harus pastikan ke lokasi kejadian supaya orang yang mengikuti berita tidak dapat ditipu dengan berita hoax atau bohong,” katanya.

Atas desakan peserta untuk melakukan pelatihan lebih lanjut, You dan Belau merencanakan kegiatan pelatihan menulis akan selenggarakan kedua kali lagi dalam waktu dekat. Keduanya meminta agar tunggu pembagian informasi lisan maupun tertulis melalui jejaring sosial media, seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, dan Mesengger.

Reporter: Sepi S. Boma
Editor: Aweidabii Bazil

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares