DPRD Deiyai Pastikan Jembatan Oneibo Segera Selesai

Deiyai, [WAGADEI] – DPRD Kabupaten Deiyai pastikan pembangunan jembatan kali Oneibo, distrik Tigi bisa digunakan sebelum Natal tahun 2020.

Hal itu dipastikan setelah 10 anggota DPRD Kabupaten Deiyai, Papua melakukan kunjungan kerja dalam rangka pengawasan terhadap pekerjaan jembatan kali Oneibo, Distrik Tigi pada Senin, [2/11/2020].

Ketua DPR Kabupaten Deiyai, Petrus Badokapa melalui keterangan yang diterima wagadei.com mengatakan, jembatan Oneibo harus dibangun cepat sebagai salah satu alternatif untuk warga bisa lewat pakai kendaraan atau jalan kaki sekalipun.

“Kami harap cepat dikerjakan. Ya karena saat ini danau Tigi dalam kondisi airnya sedang meluap, seluruh warga distrik Tigi Barat hanya melalui jembatan kali Oneibo. Tidak bisa lewat Gakokebo,” ujar Petrus Badokapa.

Bagi DPRD Deiyai, jembatan Oneibo merupakan salah satu kebutuhan utama dari distrik Tigi Barat sejak Kabupaten Deiyai dipisahkan dari Kabupaten Paniai tahun 2009 lalu.

“Kami meminta kepada Pemda Deiyai dan pihak ketiga yang sedang kerjakan jembatan ini agar secepatnya bisa angkat timbunan yang masih ada. Karena, timbunan tersebut membuat pendangkalan terhadap pintu keluar dari air danau Tigi. Jika tidak ditangani cepat, kami yakini air danau ini terus akan meluap dan sangat merugikan bagi warga Deiyai yang ada dipinggir danau Tigi,” ujar dia.

Dewa Ketut, pengawas kerja jembatan Oneibo mengaku, dalam pelaksanaan pembangunan pihaknya telah melakukan hubungan yang baik dengan masyarakat kampung Oneibo dalam hal bekerja sama.

“Mereka (masyarakat Oneibo) sangat baik. Sehingga, selama dalam pekerjaan jembatan ini tidak ada hal-hal merugikan yang terjadi,” ujarnya.

Menurut dia, pihaknya mengalami hambatan hanya karena pandemi Covid-19. “Hal itu menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman bahan bangunan, seperti besi, dan
lainnya yang dikirim dari Surabaya,” ucapnya.

“Untuk jembatan kali Oneibo, kami targetkan 15 Desember sudah digunakan oleh seluruh warga Deiyai. Itu target yang sedang kami kejar,” katanya. [*]

Reporter: Enaakidabii Carvalho
Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares