Bakal Bangun Asrama Swadaya, RPM Simapitowa Gelar ‘Ebamukai’

  • Bagikan

 

Jayapura, [WAGADEI] – Rumpun Pelajar Mahasiswa asal Siriwo, Mapia, Piyaiye, Topo dan Wanggar atau disingkat RPM SIMAPITOWA di Jayapura berinisiatif untuk membangun asrama secara swadaya untuk menampung para pelajar dan mahasiswa yang akan menimbah ilmu di Kota Jayapura, Papua.

Hal itu disampaikan Yulianus Kayame, senior RPM Simapitowa di lokasi pembangunan asrama swadaya, Sabtu [24/10/2020] bahwa lembangunan asrama swadaya dilandasi dengan satu motivasi yang sangat besar dari para siswa dan mahasiswa.

“Karena mereka melihat kekurangan tempat tinggal bagi siswa dan mahasiswa asal Simapitowa di kota study Jayapura. Adik-adik di Jayapura punya mimpi yang sangat besar, untuk mendirikan asrama supaya adik-adik, atau anak dan cucu kedepan yang menimbah ilmu di Jayapura tidak kehilangan tempat tinggal untuk mendukung proses pendidikan mereka di Jayapura,” Yulianus Kayame.

Khusus untuk pembangunan asrama, kata dia sudah sampai pada tahap pergusuran. Lokasi pembangunan asrama swadaya di belakang gereja Harapan Abepura, Jayapura.

“Adik-adik sudah beli loksai dengan uang hasil pergelaran Simapitowa Cup, kami mohon dukungan doa dan dana dari Pemerintah Daerah, orangtua dan senioritas dari Tota Mapiha. Baik senior yang saat ini sebagai pengusaha, birokrat, politikus, pengangguran dan semua pihak yang berasal dari Simapitowa untuk mendukung proses pembangun asrama ini agar berjalan lancar,” ujarnya.

Agustinus Tebai, ketua pembangunan asrama swadaya Simapitowa menyampaikan, untuk bangun bangunan yang besar, pihaknya tidak bisa berdiri sendiri. Maka diminta semua senioritas, orangtua dan semua pihak harus mendukung pembangunan asrama ini.

“Supaya nanti adik-adik kita tidak lagi cari tempat untuk tinggal. Ebamukaii atau alas tikar tahap pertama untuk pergusuran tanah, dari tangan mahasiswa sudah terkumpul Rp.112.000.000,” katanya seraya menyebutkan nomor rekening 1020201020171 Bank Papua atas nama panitia pembangunan asram swadaya RPM Simapitowa.

Hengky D.Mote, Ketua RPM Simapitowa Jayapura menambahkan, mengingat sumber daya alam [SDA] di tanah Tota Mapiha yang kaya, maka diperlukan pula sumber daya manusia [SDM] yang cukup untuk mengelolanya.

“Untuk mempersiapkan SDM, tentunya tidak terlepas dari tempat tinggal yang nyaman untuk mendukung pendidikan generasi Tota Mapiha,” ujar Mote.

Pihaknya memohon dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah Distrik yang berada di wilayah Tota Mapiha untuk memberikan bantuan agar proses pergusuran sampai pembangunan asrama swadaya Simapitowa dapat berjalan dengan aman dan lancar. [*]

Reporter: Theresia FT
Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *