Siapkan 15 Ribu e-KTP Baru, Disdukcapil Nabire Ajak Warga Segera Rekam

 

Nabire, [WAGADEI] – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nabire telah menyiapkan 15.000 Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP untuk mencukupi kebutuhan warga dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada yang akan dilakukan pada bulan Desember 2020 nanti. Jumlah ini diklaim mampu melengkapi kekurangan KTP pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kepada Dinas Dukcapil Nabire, Yeremias Mote kepada wagadei.com, Selasa, [20/10/2020] mengatakan, untuk menunjang itu pihaknya telah menyiapkan sejak bulan Juli 2020 hingga saat ini.

“Sampai saat ini kami telah menyiapkan blangko KTP elektronik sebanyak 15.000. Mohon kita sampaikan kepada warga yang punya hak memilih di Kabupaten Nabire agar segera ke Dinas Dukcapil guna merekam,” ujar Yeremias Mote.

Selain itu, kata Mote warga yang sudah perekaman e-KTP bisa langsung mencetak KTP.

Ia mengaku, jika warga tak datang ke Dinas Dukcapil maka pihaknya akan melakukan mekanisme lainnya, yakni sebarkan melalui semua distrik lalu diturunkan ke kelurahan atau desa.

“Ingat kita ke TPS wajib membawa identitas diri,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Disdukcapil Nabire, Barnabas Watofa mengatakan, memiliki e-KTP merupakan instrumen utama untuk dapat menggunakan hak suara dalam pemilu.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan bunyi Pasal 348 ayat 1 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mensyaratkan kepemilikan e-KTP bagi pemilih.

“Berdasarkan data Kemdagri, jumlah pemilih pemula di Indonesia untuk Pemilu 2019 mencapai 5 juta jiwa,” katanya. [*]

Reporter: Abeth A. You

Editor: Admin 1

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares