PHP Dev Cloud Hosting

Pemprov Papua harap inpres segera direalisasikan

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Pemerintah pusat harus bersungguh-sungguh membangun sumber daya manusia Papua. Komitmen itu selaras Instruksi Presiden atau Inpres tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

“Pengembangan SDM [sumber daya manusia] Papua hendaknya menjadi perhatian khusus sehingga terjadi percepatan, dan putra-putri Papua bisa berkompetisi di berbagai bidang. Kami minta inpres ini membawa perubahan signifikan [bagi kesejahteraan rakyat Papua],” kata Elsye P Rumbekwan, staf ahli Gubernur Papua melalui rilis persnya, Minggu. [18/10/2020].

Pemerintah Provinsi [Pemprov] Papua telah membahas rencana implementasi inpres tersebut  bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional [Bappenas] di Jakarta, kemarin. Pihak Bappenas diwakilkan oleh Kepala Pusat Analisis Kebijakan dan Kinerja Velix Vernando Wanggai.

Wanggai menjelaskan ada lima kerangka pokok dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Kerangka pokok tersebut meliputi  percepatan pembangunan SDM sesuai kontekstual Papua, dan percepatan transformasi ekonomi berbasis wilayah adat secara terpadu.

Kemudian, percepatan dan pemerataan infrastruktur dasar, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana berbasiskan kearifan lokal serta penataan ruang. Selanjutnya, percepatan reformasi birokrasi, tata kelola pemerintahan yang baik serta stabilitas keamanan dengan mengutamakan nilai-nilai hak asasi manusia.

“Perlu Quick Wins (inisiatif cepat dan strategis) dalam rencana aksi percepatan pembangunan SDM kontekstual Papua. Itu, di antaranya pembangunan asrama mahasiswa, redistribusi (pemerataan) guru, pendidikan vokasi, serta pembangunan dan pengembangan Balai Latihan Kerja,” jelas Wanggai.

Selain itu, lanjutnya pengembangan Institut Agama Kristen di Jayapura dan Sorong, optimalisasi pengembangan karier terhadap SDM unggul asli Papua pada kementerian, lembaga dan BUMN. Kemudian, pengembangan sosial ekonomi pada komunitas adat.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Pemprov Papua juga menyertakan sejumlah pejabat dan tim akademisi. Mereka berharap inpres segera diimplementasikan agar hasilnya berdampak terhadap pembangunan SDM Papua.

“Presiden menginstruksikan seluruh kementerian, salah satunya kepada Kementerian Keuangan. Mereka diinstruksikan meningkatkan kualitas SDM Unggul Papua melalui afirmasi beasiswa pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan,” jelas Rumbekwan. [*]

Sumber: Jubi.co.id

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *