Pakai Oli Bekas, Yason Agapa Berhasil Ciptakan Kompor Gas

 

Nabire, [WAGADEI] – Yason Agapa, salah satu anak muda asal suku Mee, Papua berhasil merakit kompor gas menggunakan oli bekas. Saat ini, Yason sedang mengenyam pendidikan di Universitas Cendrawasih [Uncen] pada jurusan Teknik Mesin, bahkan ia berada pada akhir semester.

Yason tidak ragu-ragu mengambil judul penelitian atau penyusunan proposal dengan berjudul “merakit kompor gas menggunakan oli bekas untuk bahan bakar”. Melalui percobaan atau ekperimen dan ternyata ia telah berhasil menciptakan sesuatu hal baru. Dan Yason memilih judul tersebut sebagai judul ujian skripsi dan telah berhasil mengembangkanya pada [5/9/2020] di Jayapura.

“Dalam pembuatan kompor gas ini, saya tidak pernah mencontek teknisi membuat ini dalam buku maupun video. Cara-cara mendaur bahan bakar oli menjadi api, saya meyakini dengan hati kecil maka itu saya tidak ragu membuat dan niat dan tekad serta doa saya tarukan sehingga Tuhan telah menjawab akhirnya Puji dan syukur saya telah berhasil,” ujar Yason, Jumat [16/10/2020).

Menurut dia, material yang dibeli dengan uang sendiri diantaranya besi sedang 16 m 14°, besi besar 16 m 25°, besi segi empat, besi sedang langsung sumbuh, besi besar tempat sulbu api, mesin flower, gelong atau jerken tempat oli, dan listrik tempat cok flower.

“Jadi pertama mulai merakit dari tempat tinggalku di Padang Bulan Abepura,” ucapnya.

Ia berkeyakinan, kreativitas tersebut akan dikembangkan usai pendidikan jenjang strata satu selesai.

“Saya niat mau mengembangkan usaha ini setelah selesai pendidikan, namun lemah untuk beli material tidak tahu,” katanya.

“Jika ada yang peduli usaha saya, saya akan menempat satu tempat untuk layani masyarakat Meepago bagi yang membutuhkan kompor gas saya dengan berharga sesuiakan dengan mereknya,” ujarnya. [*]

Pewarta : Norbertus Douw
Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares