Dorong talenta pemuda, KNPI Dogiyai gelar turnamen futsal diikuti 43 tim

Dogiyai, [WAGADEI] – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia [DPD KNPI] Kabupaten Dogiyai, Papua menggelar turnamen futsal pemuda cup 1.

Event olahraga itu diikuti oleh 43 tim. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua pekan kedepan di lapangan futsal pasar baru kampung Tokapo, Distrik Kamuu.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Dogiyai, Bernardo Boma mengatakan turnamen futsal ini sebagai bentuk dukungan KNPI dalam pengembangan olahraga. Sekaligus, menjadi wadah silaturrahmi antar pemuda di Kamuu dan Mapia serta dua kabupaten tetangga yakni Deiyai dan Paniai.

Menurut Boma, para pemuda Dogiyai memiliki banyak potensi atlet olahraga yang bisa diandalkan. Sisa didukung dan terus diarahkan.  Karena itu, melalui turnamen futsal ini, ia berharap, menjadi momentum bagi generasi muda memperlihatkan bakat ataupun talentanya.

“Jadi turnamen futsal KNPI Dogiyai ini hadir untuk mengolahragakan pemuda sekaligus memasyarakatkan olahraga. Juga sebagai ajang silaturrahmi antar Pemuda Kabupaten Dogiyai. Saya harapkan melalui ajang ini, kawan-kawan pemuda di Dogiyai memperlihatkan kemampuannya dalam olahraga futsal. Di mana bakat-bakat pemuda kita ini sangat bisa diandalkan khususnya dalam bidang olahraga,” kata Bernardo Boma kepada wagadei.com usai kegiatan, Kamis, [1/10/2020].


Animo para peserta sangat luar biasa sekali. Para peserta tidak hanya datang dari Dogiyai saja, namun dari dua kabupaten lainnya lain juga turut memeriahkan turnamen futsal yang digelar.

“Tujuan dari penyelenggaraan event ini adalah program kerja tahunan DPD KNPI. Selain kegiatan ini, akan kami adakan kegiatan lainnya juga seperti vokal group antar distrik dan lainnya,” katanya.

Dengan acara yang berlangsung tersebut ia berharap kegiatan turnamen futsal cup I dapat memupuk kekompakan, menjalin ikatan silaturahmi sesama pemuda di negeri Kamuu dan Mapia, dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas di bidang olahraga.  “Tim pemenang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan, begitupun top skor dan pemain terbaik,” ucapnya.

Bupati Kabupaten Dogiyai, Yakobus Dumupa mengatakan, Bupati, KNPI setempat merupakan penerima dana hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda) pada setiap tahun, ia berharap kegiatan kepemudaan wajib dilakukan setiap tahun untuk mengurangi kebiasaan negatif bagi semua generasi di wilayah yang dipimpinnya.

“Saya harap dengan dana hibah yang kami berikan itu harus dilaksanakan kegiatan kepemudaan, seperti olahraga dan lainnya setiap tahun. Jadi dengan melakukan kegiatan itu semua kegiatan negatif pasti dengan sendirinya akan hilang,” ujar Bupati Yakobus Dumupa.

Ia berharap kepada semua peserta agar tunjukkan nilai sportivitas yang tinggi pada saat pertandingan di lapangan hijau.

“Kita main bola bukan untuk baku pukul, kita berolahraga dengan senang-senang. Hadiah itu tidak seberapa, yang penting kita bersama dalam olahraga,” ucapnya.

Dumupa meminta kepada semua pihak untuk menjaga keamanan selama pertandingan berlangsung. “Keterlibatan masyarakat untuk menjaga Kamtibmas sangat saya harapkan,” ucapnya.

“Dengan pertandingan ini, kami punya club bola yakni Dogiyai FC. Jika ada pemain yang bagus, pasti akan kami pakai di tim sepakbola. Jadi ini sekaligus mencari bibit pemain sepakbola,” ujarnya. [*]

Reporter: Abeth A. You
Editor: –

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares