Kantor Pemprov Papua berencana dinpindahkan ke Koya, Gubernur tinjau lokasi

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Gubernur Papua Lukas Enembe meninjau lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Kantor Gubernur Papua yang baru di Koya Timur, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (30/9/2020). Kantor baru itu akan menjadi bagian dari pembangunan kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Papua di lahan seluas seluas 384 hektare.

Kunjungan Lukas Enembe ke lokasi yang menjadi tempat pembangunan Kantor Gubernur Papua yang baru itu disertai sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Di lokasi itu, Enembe mendiskusikan sejumlah rincian perencanaan pembangunan kompleks perkantoran Pemprov Papua.

Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Doren Wakerkwa mengatakan wacana pemindahan Kantor Gubernur Papua sudah bergulir lama, bahkan merupakan janji politik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. “Jadi, nanti kami berencana memindah kantor seluruh OPD ke Koya,” kata Wakerkwa usai kunjungan itu.

Wakerkwa menyatakan pembangunan Kantor Gubernur Papua yang baru di Koya mendesak untuk dilakukan, karena kepadatan penduduk di sekitar Kantor Gubernur Papua di Jalan Soa Siu Dok II Jayapura semakin bertambah. Saat ini, Pemprov Papua tengah mematangkan kajian dan perencanaan pembangunan kompleks perkantoran di Koya Timur itu.

“Kami akan lakukan kajian dan melakukan rancang bangun. Semua perencanaan akan disiapkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Papua. Kami juga akan membahas Analisa Mengenai Dampak Lingkungan, masalah pembayaran dan penyelesaian [pengadaan] tanah, semua kita bahas lebih dulu,” kata Wakerkwa.

Menurut Wakerkwa, pembangunan Kantor Gubernur Papua di Koya akan berlangsung selama dua tahun, dan akan dimulai tahun depan. “Luas lahan 384 hektar. [Yang akan] dibangun terlebih dahulu adalah Kantor Gubernur Papua yang baru, diikuti [pembangunan kantor seluruh OPD. Pembangunan [akan selesai] sebelum masa jabatan Gubernur berakhir pada 2023,” kata Wakerkwa.

Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Papua, Girius One Yoman menyebutkan kompleks perkantoran Pemprov Papua di Koya Timur itu akan dibangun lebih megah dari kompleks perkantoran pemerintah lain di Indonesia. “Sesuai dengan arahan Gubernur, kami akan menata tata ruang kota sebagai kota baru. Untuk membangun kantor gubernur, pasti ada inovasi baru kita akan lakukan sesuai mekanisme dan aturan yang ada,” kata Yoman.

Yoman menyatakan hingga kini proses pengadaan tanah untuk pembangunan kompleks perkantoran Pemprov Papua itu belum selesai. “Saat ini kami akan nego harga kepada pemilik tanah, belum final. Untuk pindah itu jelas, karena Kota Jayapura sudah tidak layak, seiring bertambahnya manusia dan jumlah kendaraan serta faktor lainnya,” kata Yoman. [*]

Sumber: Jubi.co.id

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *