Dua mahasiswa asal IKAPPMMA gelar syukuran wisuda

 

Jayapura [WAGADEI] – Ikatan Pelajar Pemuda Mahasiswa dan Masyarakat [IKAPPMMA] kota studi Jayapura  akhirnya menggelar acara syukuran atas diselesaikannya pendidikan pada jenjang strata satu di kampus Universitas Cenderawasih [Uncen] bagi dua wisudawan.

Keduanya yakni Oktovianus Yogi dan Melkias Kedepa, masing mendapatkan gelar Sarjana Teknik [ST] pada Kamis, [24/9/2020] di Hotel Wisma Kota Raja Luar, Abepura.

Pihaknya mengusung tema ″Ikutilah Aku Kemana Saja Aku Pergi″ (Mat 1: 10), ibadah dipimpin Frater Sebedeus Mote.

Dalam khotbahnya Sebedeus Mote mengatakan, waktu yang Tuhan berikan kepada umat Tuhan maka harus berjuang dengan sesungguhnya, sehingga apa yang pernah ada, akan ada lagi dan apa yang pernah buat, akan buat lagi.

Ia mengatakan, mahasiswa berhasil studinya karena hikmat dari Tuhan semenjak kecil hingga masuk sekolah dan menyelesaikan perkuliahan di perguruan tinggi.

“Para wisudawan juga, Tuhan memberikan hikmat dan kemampuan, sehingga bisa menyelesaikan pendidikannya dan sekarang mereka mengenakan toga,” ujar Mote.

Ayub Yogi, mewakili orang tua wisudawan mengajak agar dapat mensyukuri hasil dari perjuangan panjang di bangku perkuliahan yang hari ini dirayakan bersama.

“Keberhasilan para wisudawan adalah buah tangan dan uluran atas pengorbanan dari orang tua dan keluarganya,” katanya.

Menurut dia, atas doa dan perjuanan orang tua meminta pertolongan dari Tuhan untuk anaknya, sehingga dua wisudawan pada hari ini, telah selesai dari perguruan tinggi Uncen dengan mendapatkan gelar kesarjanaan.

“Sebagai mahasiswa aktif pentingnya menjaga kedisiplinan dan kerapian dalam proses pendidikan,” katanya berharap.

Ia berharap, jika telah selesai S1 selayaknya untuk melanjutkan strata dua [S2].

Melkias Kedepa, seorang wisudawan mengaku hari bahagianya tak disaksikan oleh orang tua akibat pandemi Covid-19 yang masih meningkat.

“Namun saya mengucapkan banyak trima kasih atas pengorbanan biaya perkuliahan selama proses perkulihan saya,” ucapnya.

Ia mengatakan, dirinya bertahan selama sembilan tahun lamanya di Fakultas Teknik hanya untuk berorganisasi di dalam maupun di luar kampus. Sebab bagi dia, pengalaman berorganisasi saja yang ada pelajaran terbaik.

“Pentingnya ambil pengalaman di organisasi internal kampus dan eksternal kampus, sehingga pengalaman adalah guru terbaik bagi kami, namun hari ini telah wisuda,” seraya menyampaikan terima kasih pihak akademik telah transfer ilmu kepadanya.

“Yang paling utama harus takut akan Tuhan dan harus aktif di organisasi gereja, kampus, ikatan lokal, maupun kegiatan kemahasiswaan,” ucapnya.

Wisudawan lainnya, Oktovianus Yogi mengatakan, atas bimbingan dan pertolongan dari Tuhan sehingga ia telah tamat dari Uncen. “Dan terima kasih kepada semuanya, terutama orang tua,” katanya.

“Kekompakan dan persatuan IKAPPMA perlu dijaga dengan baik. Hanya dengan kekompakan dan persatuan, masalah yang besar bisa diselesaikan,” ujarnya.

Geradus Nakapa, Ketua IKAPPMMA Jayapura menambahkan, keduanya wisudawan akan dibimbing oleh Tuhan yang mahakuasa agar segera mendapatkan pekerjaan untuk membantu pihaknya agar IKAPPMA terus jaya. [*]

Reporter: Hendrikus Gobai
Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares