Gubernur Papua: Palapa Ring Timur harus jangkau hingga pelosok

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pembangunan jaringan serat optik nasional atau yang biasa disebut Palapa Ring Indonesia Timur bisa segera dirampungkan dan mampu menjangkau seluruh pelosok Bumi Cenderawasih.

Hal tersebut dilontarkan Gubernur Lukas Enembe saat menerima kunjungan kerja General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua, Alfon Oktrianda di Gedung Negara Dok V Jayapura, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, Palapa Ring hanya bisa diakses di ibukota provinsi dan kabupaten, sementara di kampung-kampung (distrik) yang jauh dari kota sama sekali tidak bisa.

“Saya harap proyek ini bisa segera dituntaskan sehingga seluruh anak-anak Papua, bisa mengakses internet dalam proses belajar, apalagi seperti di masa pandemi saat ini,” ujarnya.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua, Alfon Oktrianda mengatakan untuk Papua dan Maluku semua ibukota kabupaten sudah bisa menggunakan data internet lewat Palapa Ring, tapi untuk kecamatan dan distrik terkendala.

“Mungkin kalau hanya untuk SMS dan telpon bisa, tapi akses internet sama sekali tidak bisa sehingga kapasitas Palapa Ring perlu ditambah, ” katanya.

Menurutnya, secara perangkat Telkomsel sudah siap, bahkan telah terpasang di kabupaten pegunungan. Dengan demikian, ketika Palapa Ring rampung langsung terkoneksi.

“Di Kota Wamena sudah bisa akses internet dengan baik, tapi tidak semua kota-kota terdistribusi dengan palapa ring timur, ” ujarnya. [*]

Editor: Uka Daida

Sumber: Jubi.co.id

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *