Untuk pertama kali, Pemkab Paniai raih Opini WTP oleh BPK

 

Jayapura, [WAGADEI] – Untuk pertama kalinya Kabupaten Paniai mencatat sejarah atas diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian [WTP] oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Papua atas penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) berkaitan dengan Laporan Kerja Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Pasalnya kabupaten yang pisah dari induknya Kabupaten Nabire sejak tahun 1996 ini tak pernah tercatat dalam lembaran BPK akan opini WTP. Hal itu membuat banyak kalangan memberikan dukungan positif kepada pimpinan daerah, Bupati Meki Nawipa atas kerjasama dengan para pimpinan OPD selama setahun kepemimpinan Meki Nawipa – Oktopianus Gobai.

Kepala Perwakilan BPK Papua, Paul Henri Simatupang berharap dengan predikat tersebut bisa menjadi motivasi dalam melakukan perbaikan tata kelola keuangan.

“Kami juga berharap di tahun berikutnya pemerintah daerah tetap menerapkan akuntabilitas dan transparansi,” katanya Senin, [24/8/2020].

Dalam kesempatan itu, Paul juga mengapresiasi kinerja Pemkab Paniai yang untuk pertama kalinya meraih opini WTP.

Ia meminta setiap pemerintah kabupaten dan kota agar responsif dalam menindaklanjuti rekomendasi LHP dalam 60 hari berdasarkan pasal 20 dan pasal 21 UU Nomor 15 Tahun 2014.

Bupati Paniai Meki Nawipa mengatakan, setelah dirinya dipercaya oleh masyarakat untuk tahun anggaran pertama diperoleh WTP oleh BPK Provinsi Papua.

“Setelah saya pimpin Kabupaten Paniai selama setahun awal ini, akhirnya kami bisa dipercaya untuk naik opini menjadi WTP, dan pertama kali Kabupaten Paniai berdiri sejak 1996,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Tuhan Yesus atas bimbingannya dan kerjasama yang baik antara dirinya dengan bawahan. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares