PHP Dev Cloud Hosting

Gelar dies natalis ke VI, STK Touye Paapa Deiyai siap cetak SDM

  • Bagikan

 

Deiyai, [WAGADEI] – Sekolah Tinggi Katolik (STK) “Touye Papa” Deiyai menggelar HUT Ke VI tahun 2020 di aula SMP YPPK Waghete, Kabupaten Deiyai, Senin, (24/8/2020). Kegiatan ini mengusung tema “Bersama Yesus membuka tabir kegelapan untuk menemukan kebaikan melalui pendidikan”.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pastor Dekan Dekenat Tigi P. Damianus Adii, Pr, Dekan Dekenat Paniai P. Sebast Maipai Wiiyai, para Pastor serta dewan paroki dari kedua dekenat. Hadir pula Ketua Yayasan Emawa-Owada yang membawahi STK Touye Papa, serta Civitas Akademika STK Touye Papa beserta tamu undangan.

Kegiatan ini diawali dengan misa syukur yang dipimpin langsung oleh Pastor Dekan Dekenat Tigi, Pastor Damianus Adii, Pr didampingi Pastor Paroki Wagomani. Dalam homilinya, Pastor Damia Adii menegaskan akan iman dan pendidikan.

“Awalnya kita ragu dengan perkembangan STK, tetapi pada awal bulan Desember 2019 kampus kita sudah diakreditasi BAN-PT dan mendapat predikat C, sekarang kita tidak ragu lagi dengan STK ini,” kata Adii.

Menurut dua, para mahasiswa yang sedang belajar di STK Touye Papa ini tidak main-main, perguruan tinggi ini akan mencetak manusia-manusia yang siap menjadi terang bagi sesama, baik di paroki, stasi serta di kombas.

Rektor STK Touye Papa Deiyai, Oktovianus Marco Pekei, SS, M.Sc mengatakan, pihaknya patut mensyukuri kepada Tuhan bahwasannya telah melahirkan satu perguruan tinggi Katolik di Meuwodide.

“Ini diharapkan menjawab kebutuhan gereja dan para alumni kedepan akan menjadi kader- kader gereja,” ujar Pekei.

Untuk itu, kata dia setelah selesai pendidikan di kampus STK jangan menjadi sarjana ijazah, tetapi diajak kepada para mahasiswa untuk berkarya bersama umat serta masyarakat luas.

Ketua Yayasan Emawa-Owada, Bapak Martinus Doo menyampaika lokasi baru STK yang sudah disiapkan oleh pihak yayasan dan kampus tersebut sudah siap digunakan.

“Untuk itu, para mahasiswa terus belajar lebih banyak karena kalianlah yang akan menjadi tulang punggung gereja,” katanya.

Ketua Program Studi Kateketik, Yohakim Tekege mengatakan, berdirinya program studi Kateketik ini sejalan dengan tahun berdirinya kampus STK Touye Papa Deiyai. Dengan demikian, program studi Kateketik ini menjadi program studi pertama di kampus STK Touye Papa Deiyai.

“Harapan kita kedepan agar tidak hanya program studi ini saja, tetapi program studi lainnya yang perlu dikembangkan oleh pihak kampus,” ujarnya.

Kegiatan ini diakhir dengan kuliah umum tentang “Noken, Cermin Budaya Dunia” yang disampaiakan langsung oleh Pencetus Noken di UNESCO, Bapak Titus Pekei. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *