Launching tabloid JNP, Pemda Dogiyai harap media wajib angkat semua persoalan

 

Dogiyai, [WAGADEI] – Akhirnya Lembaga Pengkajian dan Penelitian Papua (LP3) melaunching tabloid Jelata News Papua atau JNP di aula Distrik Kamuu, Dogiyai, Kamis, (30/7/2020). Awalnya JNP memiliki portal berita jelatanp.com.

Pemimpin Redaksi Tabloid JNP, Hendrikus Bobii mengatakan, media yang dipimpinnya memiliki semboyan ‘melalui media, mengangkat harkat dan martabat manusia demi kemajuan bangsa’ itu dimulai sejak pihaknya masih berada di bangku sekolah di Jayapura.

“Tabloid JNP akhirnya bisa hadir di daerah Meepago sebagai sebuah media berita dan informasi yang akan terbit setiap bulan untuk menyuarakan kelestarian alam dan keselamatan manusia,” ujar Hendrikus Bobii dalam sambutannya.

Menurut Hendrikus Bobii, yang sering disapa Hengky, Tabloid JNP berada di bawah payung hukum Lembaga Pengkajian dan Penelitian Papua (LP3) yang telah diluncurkan di Aula Dinas PU Kabupaten Nabire, pada 25 Januari 2019 bersamaan dengan media online jelatanp.com.

Menurut Bobii, hadirnya Tabloid JNP merupakan pergumulan panjang bersama Komunitas Anak Jalanan Papua (KAJP).

“Bersama KAJP, kami hadirkan media online jelatanp.com dan tabloid JNP yang baru mau launching ini. Ini karena kami peduli untuk mengangkat suara rakyat jelata,” ucap dia.

Ia juga berharap, kehadiran tabloid yang sedianya akan cetak sekali dalam satu bulan bisa memberikan semangat kepada generasi penerus untuk berkecimpung dalam dunia menulis.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Agustinus Tebai, Ketua Komisi A Kabupaten Dogiyai yang telah mendukung dan membantu menerbitkan Tabloid JNP edisi perdana ini,” ujarnya.

Asisten I Setda Kabupaten Dogiyai, Nason Pigai mengatakan, media massa harus berperan aktif untuk menggali semua persoalan yang sedang terjadi, seperti lantaran minuman keras (miras) banyak anak muda meninggal dunia dengan sia-sia.

“Di Papua ada banyak persoalan yang cukup serius. Kehadiran media seperti tabloid JNP ini mampu mengangkat persoalan ke permukaan,” ujar Pigai.

Ia menambahkan, media merupakan bagian dari pentingnya pembangunan di daerah. Oleh karenanya wajib kawal dalam proses pembangunan manusia, terutama di Dogiyai. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares