Pemimpin tak pernah promosi diri

  • Bagikan

Perspektif nilai luhur budaya orang Melanesia

DALAM nilai-nilai luhur bangsa Melanesia, pemimpin tidak pernah mengangkat diri dan mengaku diri pemimpin atau ketua. Dalam nilai budaya Melanesia, bangsa West Papua pemimpin tidak pernah promosikan diri sebagai pemimpin atau ketua. Yang mengaku diri pemimpin dan ketua adalah biasanya dipanggil atau disebut : “ORANG ITU SUDAH MENJADI ORANG GILA atau ORANG ITU SUDAH TIDAK NORMAL atau ORANG ITU ADA GANGGUAN KEJIWAAN.”

Kalau sekarang ini, ada anak-anak muda Melanesia yang menangkat diri dan mengaku diri Ketua OPM, itu sama seperti atau ikut cara-cara para kolonial Indonesia, terutama TNI-Polri, lebih khusus Kopassus yang selalu menangkat Kepala Suku Besar Boneka buatan militer di West Papua.

Untuk menghindari Ketua OPM angkat diri atau promosi diri tanpa basis dan juga tanpa dukungan serta legitimasi rakyat bangsa West Papua dari Sorong-Merauke-Samarai dan juga untuk melawan cara-cara para kolonial Indonesia mengangkat Ketua atau Kepala Suku Besar di rumput-rumput, mari kita doakan dan dukung Ketua OPM dan ULMWP resmi milik rakyat dan bangsa West Papua.

Ketua resmi OPM dan ULMWP itu Tuan Benny Wenda. Karena, OPM adalah ULMWP dan ULMWP adalah OPM.” (Filep.J.S. Karma).

“ULMWP adalah roh baru dari OPM.” (Rex Rumakiek).

“ULMWP adalah kita dan kita adalah ULMWP. “( Mikha G.).

“Saya berkomitmen dan konsisten menggunakan iman saya, ilmu pengetahuan, posisi saya, talenta saya, pengaruh saya serta pengalaman saya untuk mengejar orang-orang yanh melawan ULMWP sebagai roh baru dari OPM dimana dan kapan saja di planet ini dimanapun dengan cara-cara saya demi bangsaku West Papua” ( Gembala Dr. Gembala Socratez S.Yoman).

KARENA, kita harus akhiri penderitaan rakyat dan bangsa West Papua. Ingat! Jangan lupa! Bangsa ini sudah lama menderita dibawah kolonial Firaum moderen Indonesia selama 58 tahun.

Tuhan Yesus memberkati Ketua resmi OPM-ULMWP Tuan Benny Wenda seluruh jajaran Eksekutif ULMWP dan rakyat dan bangsa West Papua, seluruh pejuang di hutan dan di Dalam dan Luar Negeri serta para solidaritas kemanusiaan.

Ita Wakhu Purom, Minggu, 5 Juli 2020.

Penulis adalah Presiden Persekutuan Gereja-gereja Baptis West Papua, anggota Dewan Gereja Papua (WPCC), anggota Konferensi Gereja Pasifik (PCC) dan anggota Baptist World Alliance (BWA)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *