Regenerasi, Pastor Paroki Ugapuga lantik dua pewarta baru

Nabire, [WAGADEI] – Sekitar puluhan tahun lamanya seorang pewarta bernama Paskalis Douw memimpin gereja Katolik Stasi St. Fransiskus Assisi Yootapuga dan Paulus Pigai di Bunauwoo pada paroki Ugapuga, Dekenat Kamuu Mapia atau Kamapi. Pada Minggu, [28/6/2020] keduanya secara serentak gantikan pewarta baru.

Kader katakis baru yang dilantik menjadi pewarta secara resmi adalah Simon Douw sebagai pewarta Stasi St. Fransiskus Asisi Yootapuga dan Didimus Agapa jadi pewarta stasi Bunauwo.

Acara pelantikan berlangsung dalam minggu biasa ke 13 di gereja St. Fransiskus Assisi Yootapuga oleh Pastor Paroki Ugaapuga, P. Yohanes Purnama, OFM.

Pastor Yohanes mengatakan dalam bahasa suku Mee ‘Ugatamee yaa manaa koyaa yawegai, Ugatamae ma enaimoo’, yang artinya selamat menjadi penyebar visi Tuhan Allah, semoga Tuhan bersertamu.

“Dengan hadirnya pewarta baru maka kita diminta oleh Ugatamee [Tuhan Allah] untuk tetap setia pada firman-Nya dan saling mengasihi satu sama lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, gembala lama akan beralih profesi menjadi guru tetapi sambil dampingi katakis baru dalam tata cara beribadah.

Pengurus sekertaris OMK Stasi Bunauwo Paulus Douw meminta kepada pionir baru, dewan stasi, serta komponen yang ada di lingkaran gereja agar menyatukan iman dan kerpercayaan lalu nampakan hirarki yang hakiki.

Ia berharap, pewarta baru wajib melakukan pelayanan keimanan terhadap umat setempat.

“Pewarta yang baru terpilih mengontrol dan kerja keras dalam pelayanannya terhadap umat di setiap kombas. Kemudian mengutamakan pengkaderan kepada muda-mudi melalui kegiatan pembinaan, pendalaman, dan pemulihan iman supaya mereka lebih siap dalam tuntunan ajaran Tuhan,” katanya.

Orang Muda Katolik atau OMK ia mengaku dituntut juga sebagai tulang punggung gereja. Untuk itu supaya gerakan asosiasi tingkat stasi, paroki atau Dekenat Kamapi, Keuskupan Timika. [*]

Reporter: Norbertus Douw, Yosea Douw juga turut berkontribusi dalam penulisan ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares