Bantah rampas senjata di 99, Yogi tegaskan banyak kelompok di Meepago

Paniai, [WAGADEI] – Pimpinan Kodap IV TPN-PB wilayah Paniai, Demianus Magai Yogi menegaskan, dirinya bersama anak buah tak pernah melakukan perampasan senjata api milik Polres Paniai di Pos Polisi kampung 99 Ndeotadi, Baya Biru, Kabupaten Paniai.

“Kami punya senjata banyak. Dan itu hasil belian. Untuk sementara ini saya punya anak buah di masing-masing kampung, tidak ada di lapangan. Jadi tidak benar kalau dituduh telah melakukan perampasan. Saya bantah dengan tegas,” ujar Demianus Magai Yogi, Senin, (18/5/2020).

Menurut Yogi, pihaknya melakukan perjuangan kemerdekaan Papua Barat bukan melalui tindakan kekerasan bersenjata namun melakukan mekanisme pengakuan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di Meepago, Yogi mengaku dari pengamatannya banyak kelompok yang ‘bermain’ demi kepentingan pribadi sehingga kerapkali dirinya jadi ban serep. “Saya mau kasih tahu di Paniai ini banyak kelompok, ada barisan Merah Putih, ada kelompok TPNPB binaan, ada banyak sekali. Jadi senjata ini bukan kami yang ambil,” katanya.

Ia juga mengatakan, hingga kini pihaknya tak pernah melakukan aksi-aksi kekerasan, apalagi perampasan senjata milik pihak musuh.

“Untuk apa kami rampas senjata? Kami punya senjata banyak kok. Waktu lalu tiga pucuk senjata itu kami kasih kembali, itu bukti bahwa kami tak suka kekerasan. Kami sedang berjuang dengan cara damai,” ucap dia.

Ia mengaku, dirinya masih berkuasa di sejumlah Kabupaten pada wilayah Meepago seperti Mimika bagian gunung, Intan Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Nabire hingga Wasior.

“Saya tetap siaga di markas, kalau TNI dan Polri datang berarti bukan cari senjata. Itu cari lain,” ucapnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam TNI Cenderawasih/XVII Herman Asaribab Senin, (18/5/2020) berkunjung tempat kejadian dari Jayapura ke Timika selanjutnya tiba di Paniai.

Walaupun demikian kedua pimpinan TNI dan Polri di Provinsi Papua tak memberikan tanggapan kepada jurnalis usai berkunjung. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares