4 reaktif lewat RDT di Paniai harus melalui pemeriksaan PCR

Paniai, [WAGADEI] – Ketua Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Paniai, Meki Nawipa mengatakan, hasil kerja keras tim satgas Covid-19 pada Senin, (4/5/2020) sudah terdeteksi empat orang reaktif lewat pemeriksan Rapid Tes [RDT].

Kepada wagadei.com Bupati Paniai, rencana hari Kamis, (7/5/2020) akan ada tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Labkesda provinsi Papua untuk pengambilan sample darah dan swab tes untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction [PCR] atau Swab Tes.

“Jadi untuk menentukan positif Covid-19 harus melalui pemeriksaan PCR,” ujar Meki Nawipa, Selasa, (5/5/2020).

Ia mengatakan, mulai Selasa, (5/5/2020) pihaknya telah melakukan pelacakan kontak kepada keluarga dan masyarakat sekitar dari empat orang yang Rapid Tes reaktif ini.

“Setelah lakukan tracking kontak ini, empat keluarga ini diwajibkan untuk isolasi mandiri di rumah, tidak boleh keluar rumah sama sekali,” katanya.

Ia menegaskan, semua kebutuhan dasar seperti makan dan minum akan dibantu oleh Pemda Paniai untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Juru bicara Covid-19 Kabupaten Paniai, dr. Laswan mengatakan, untuk sementara empat orang tersebut dikarantina di ruang isolasi RSUD Paniai.

Ia menghimbau semua warga Paniai jangan lupa disiplin memakai masker, ke mana saja pergi dan berada, juga bekerja, belajar dan beribadah dari rumah saja.

“Ke depan wajib periksa RDT untuk semua masyarakat. Dan kita jaga kesehatan, dan tidur yang cukup dan makan yang sehat serta perlunya vitamin C,” ucapnya. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares