Kabar gembira; 8 pasien C-19 di RSUD Jayapura sembuh

  • Bagikan

Jayapura, [WAGADEI] – Pasien positif virus corona (Covid-19) yang dinyatakan positif, yang sempat dirawat di RSUD Jayapura akhirnya bisa pulang ke rumah masing-masing hari ini Senin, [20/4/2020].

Direktur Utama RSUD Jayapura, drg. Aloysius Giyai mengatakan, selama ini sebanyak 10 pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Papua itu sembuh dan ‘dipulangkan’ ke rumah.

Menurut Giyai, para pasien itu berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Sarmi.

“Hari ini kita lepas 8 pasien yang sembuh, yaitu 6 positif dan dan 1 PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Sedangkan sebelumnya 3 pasien yaitu 1 positif dan 2 PDP. Jadi totalnya ada 10 pasien yang sembuh, tinggal 1 positif saja yang kita rawat karena kemarin test pertama negatif, lalu test kedua positif jadi kami harus konfirmasi ke Jakarta dulu,” kata Giyai.

Acara pelepasan pasien ini dilakukan oleh Direksi RSUD Jayapura secara terbuka di lorong menuju ruang isolasi rumah sakit peninggalan Belanda itu. Selain para dokter dan para medis yang merawat, hadir juga Penjabat Sekretaris Daerah Papua Dr. Ridwan Rumasukun, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Dr. Robby Kayame.

Sejumlah media diundang untuk meliput langsung momen gembira ini.

Menurut Aloysius, kunci untuk menyembuhkan mereka ada dua. Pertama, membangun komunikasi yang humanis dengan pasien Covid agar tidak tertekan. Dimana para petugas medis, wajib hukumnya menyapa, senyum, dan bercerita dengan mereka. Kedua, kemauan dan dan dorongan dari pasien untuk sembuh dengan memanfaatkan ruang isolasi rumah sakit dan pelayanan yang diberikan.

“Saya berharap, setelah pulang dan menjalani karantina selama 14 hari, kalian selalu makan minum yang teratur, istirahat yang cukup, dan jangan stress. Selamat bertemu dengan keluarga,” pesan Aloysius.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Dr. Robby Kayame mengapresiasi atas kerja keras yang dilakukan seluruh petugas di RSUD tersebut.

“Secara khusus koordinasi, kerjasama dan kekompakaan yang dibangun antara Dinas Kesehatan Papua dan RSUD Jayapura untuk menangani Covid-19 ini,” katanya.

Menurut dia, kesembuhan ini menjadi sebuah catatan sejarah yang akan diingat oleh semua pihak. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *