DPRD Deiyai tuntut aktifkan posko C-19, ini kata Kadinkes

  • Bagikan

Deiyai, [WAGADEI] – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kabupaten Deiyai melalui Komisi I mendesak agar Pemerintah Kabupaten [Pemkab] setempat segera mengaktifkan kembali semua posko pencegahan Covid-19 yang kini mulai redup.

“Saya lihat penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Deiyai makin redup. Buktinya, semua posko tidak ditempatkan Satgas, seperti posko di halaman RSU Pratama Deiyai sudah tak berfungsi lagi. Ini kenapa terjadi begitu,” ujar Ketua Komisi I DPRD Deiyai Hendrik Onesmus Madai kepada wagadei.com, Senin, [20/4/2020].

Selain itu, menurut dia, fungsikan juga posko di Peguwaapati, batas antara Deiyai dan Dogiyai serta di kampung Udaugi, perbatasan dengan Paniai.

“Tapi yang lebih penting diperhatikan adalah jalan darat dari Timika ke Deiyai. Jangan sampai ada pejalan kaki susulan setelah minggu lalu delapan pemuda asal Paniai berjalan kaki dari Timika akhirnya tiba di Deiyai,” ungkap dia.

Oleh karenanya, ia mendesak kepada Pemda dan Satgas Covid-19 agar segera mendirikan posko di kampung Mudetadi, distrik Bouwobado.

“Kenapa tunda-tunda bikin posko satgas Covid-19 di Mudetadi sana? Mimika sudah terpapar pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Deiyai tunggu apa sampai larut tangani virus ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Deiyai, Kornelis Pakage mengatakan, selama ini pihaknya mengalami kekurangan alat kesehatan [alkes] maka sengaja tak tempatkan petugas di semua posko satgas Covid-19 yang dibangun pihaknya.

“Memang posko yang di RSU Deiyai itu saya sudah perintahkan untuk sementara hentikan dulu karena alat deteksi suhu itu petugas harus dekati warga baru bisa lakukan tes. Ini bahaya, seharusnya kita datangkan alat yang bisa tes suhu dari jarak dua meter,” ujar Pakage.

Oleh karena itu, pada Rabu, [22/4/2020] pihaknya akan melakukan pembagian petugas dan alkes di empat posko diantaranya Peguwaapati, Udaugi dan posko utama di halaman RSU.

“Nah untuk buka posko di Mudetadi itu pak Bupati Deiyai juga sudah setuju. Pokoknya dalam waktu dekat ini kita sudah eksekusi,” katanya. [*]

Reporter: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *