Dinkes dan PMI Deiyai terus lakukan pencegahan virus Corona

Deiyai, [WAGADEI] – Dinas Kesehatan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Deiyai dibantu TNI, Polri, Sat Pol PP, dan tokoh pemuda lakukan penyemprotan cairan disinfektan di tampat-tempat umum, yakni RSU Pratama, pasar, terminal kendaraan, kios, rumah warga, Polsek Tigi, Koramil, dan Bank Papua pada Sabtu, (28/3/2020).

Kornelis Pakage selaku Kepala Dinas Kesehatan juga ketua PMI Kabupaten Deiyai kepada wagadei.com mengatakan, langkah ini diambil sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona yang jumlah kasusnya terus meningkat.

“Sudah sekitar tujuh lokasi yang merupakan umum kita lakukan penyemprotan disinfektan, selain mencegah menularnya Covid19 agar kita menjaga kebersihan di setiap tempat umum,” kata Kornelis Pakage.

Ia mengatakan, secara kemanusiaan ini manjadi tugas pihaknya mengingat wabah Corona ini terus melanda berbagai belahan dunia hingga ke wilayah Meepago.

Oleh karenanya, katanya, menjadi konsen Dinkes dan PMI untuk melakukan yang terbaik dalam penanganan dan pencegahan lebih awal.

“Ini merupakan gerakan kemanusian kami, dengan wabah Covid-19 ini semua masyarakat harus lebih mematuhi seruan pemerintah agar dapat memutus rantai penularan,” katanya.

Untuk kompleks ibadah dan sekolah, lanjutnya, akan dilakukan penyemprotan pada Senin, [30/3/2020].

“Dalam satu minggu kami akan semprot satu kali. Itu kesepakatan kami bersama,” ucapnya.

Sekretaris Dinkes Deiyai, Simson Mote mengatakan, sejak pagi pihaknya melepas tim yang dibentuk pihaknya pada Jumat, [27/3/2020].

Jam 9 mulai pelepasan, gabungan dinkes, PMI, TNI, Polri, Sat Pol PP, dengan tokoh pemuda.

“Pos satgas dipusatkan di RSU Pratama Deiyai, dan pos kedua akan dipusatkan di Gakokebo tapi yang di Gakokebo itu setelah alat yang kami pesan di Bandung tiba di Deiyai. Ya paling lama dua hari kedepan,” kata Mote.

Selain itu tim pendoa yang dibentuk akan keliling wilayah Tigi guna meminta perlindungan dari Tuhan agar masyarakat Deiyai tetap dalam lindungannya.

“Dan akan kami lanjutkan dengan sosialisasi dengan cara penyuluhan secara individu dan kelompok juga akan pemutaran film, pemasangan baliho dan sudah pembagian masker sebanyak 20 ribu,” ujarnya. [*]

Reporter: Abeth A. You

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares