Diduga korupsi, mantan Kadinsos Paniai resmi ditahan di rutan Polres Paniai

Jayapura, [WAGADEI] – Akhirnya, Kepolisian Resort (Polres) Paniai telah menahan satu orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) dana pendidikan studi akhir yang disalurkan melalui Dinas Sosial dan Kesejahteraan Kabupaten Paniai untuk mahasiswa jenjang strata satu asal Kabupaten Paniai tahun anggaran 2018.

Kapolres Paniai, AKBP. A. Wakhid Utomo kepada wagadei.com mengatakan penahanan dilakukan di Mapolres Paniai pada Rabu, [29/2/2020] terhadap mantan Kepala Dinsos Kabupaten Paniai berinisial JP.

Menurut dia, penetapan tersangka adalah sah karena memiliki alat bukti yang cukup.

“Ditahannya tersangka dikarenakan sudah memenuhi unsur, yang sebelumnya sudah diperiksa dengan barang bukti yang ada,” kata Kapolres Wakhid, Sabtu, [21/3/2020].

Selain dana studi akhir, kata dia tersangka juga melakukan korupsi dana pemondokan yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa Paniai di seluruh Indonesia.

“Jadi dugaan korupsi sebesar Rp8 milyar yang telah dipindah bukukan oleh saudara JP selaku Kepala Dinas Sosial saat itu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini tersangka diamankan di tahanan Mapolres setempat sambil menunggu hasil penelitian lebih lanjut.

“Kita tidak mengabaikan kasus tersebut, intinya tetap kita proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujarnya tegas.

Kabag Ops Polres Paniai AKP. Mardi Marpaung mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pengembangan atas kasus tipikor tersebut.

“Saat ini masih dalam tahap penyidikan, ditargetkan secepatnya tuntas,” katanya. [*]

Reporter: Enaakidabii Carvalho

Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares