Serap aspirasi masyarakat, anggota DPRP dapil 3 reses tahap I

Paniai, [WAGADEI] – Dalam rangka serap aspirasi masyarakat, anggota DPR Papua Dapil 3 se wilayah Meepago gelar reses tahap I, tanggal 13-18 Maret 2020.

Deki Nawipa, anggota DPR Papua kepada Jubi mengatakan, dirinya bersama empat rekannya yakni Petrus Pigai, Amos Edowai, dan Alfred Fredy Anouw telah menggelar reses di Kabupaten Deiyai pada Jumat, (13/3/2020) bertepatan dengan pembukaan Musrenbang.

Menurut Nawipa, reses merupakan suatu kewajiban dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat untuk menyerap aspirasi dan mendengar langsung setiap keluhan yang dirasakan oleh masyarakat.

“Dengan demikian kita dapat mengetahui keinginan masyarakat dan menyampaikan untuk mewakili suara masyarakat di dalam gedung parlemen saat persidangan guna membahas apa yang telah kita dapat dalam pelaksanaan reses,” ujarnya, Sabtu, (14/3/2020) saat ditemui di Epouto, Paniai.

Ia menjelaskan reses ini pihaknya lakukan secara berkelompok untuk mendengarkan aspirasi dari bawah, nanti akan disampaikan pada Paripurna DPR Papua.

Anggota DPR Papua lainnya, Petrus Pigai mengatakan, ada beberapa aspirasi dari masyarakat dapil tersebut terutama pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan peredaran perekonomian warga.

“Jadi di situ kami buka ruang dialog dengan para kepala distrik, dan masyarakat. Mereka bicara soal pendidikan dan kesehatan terutama dua distrik terluar yakni Bouwobado dan Kapiraya,” kata Nawipa.

Selain itu, kata dia, masalah tapal batas antara Kabupaten Paniai dan Deiyai juga dengan kabupaten Mimika dan Deiyai. “Soalnya kelapa sawit dari Mimika sudah melewati batas dan masuk di wilayah Deiyai,” katanya.

Alfred Fredy Anouw, rekannya mengatakan, warga Deiyai juga meningkatkan adanya peningkatan infrastuktur seperti jalan.

“Oleh warga menyangkut pembangunan insfrastruktur gedung, jalan, jembatan. Jadi kami sampaikan juga soal sumber daya alam yang dikeruk habis ni,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya prioritaskan aspirasi yang menjadi kewenangan pihaknya. [*]

Reporter: Abeth A. You

590 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares