Bagi 4000 masker di kota Jayapura, cara PMI Papua cegah virus Corona

Nabire, [WAGADEI] – Guna mencegah virus Corona yang dikabarkan telah masuk ke Indonesia, Palang Merah Merah (PMI) Provinsi Papua terus berupaya agar masyarakat terhindar dari virus yang berasal dari Natuna dan Hongkong itu.

Ketua Harian PMI Papua, Zakius Degei kepada wagadei.com mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dan mengedukasi personilnya hingga turun jalan membagi masker di kota Jayapura.

“Hari ini kami membagikan 4000 masker dan 4000 brosur pencegahan virus Corona kepada masyarakat yang dipusatkan di dua tempat, lampu merah Dok 2 dan lingkaran Abepura,” ujar Zakius Degei melalui selulernya, Jumat, [15/2/2020].

Kesempatan itu pihaknya juga mengajak masyarakat selalu menjaga kebersihan seperti rajin cuci tangan dan menggunakan masker di tempat umum.

“Ini wabah yang baru, kita tentu perlu meningkatkan kewaspadaan terutama menjaga kebersihan,” ujarnya.

Ramli Tarigan, ketua relawan PMI Papua mengatakan, pihaknya akan terus menyosialisasikan cara pencegahan penularan dan bahaya virus Corona yang saat ini menjadi perhatian dunia, khususnya Indonesia.

“Kami sosialisasi salah satunya adalah memberikan brosur bahayanya virus Corona kepada masyarakat dan masyarakat antusias terima,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan membantu masyarakat mengenali gejala penularan dan pencegahan agar mereka tidak tertular virus corona.

Adapun gejala seseorang yang diduga tertular virus tersebut seperti gangguan pernapasan, batuk, demam melebihi dari 38 derajat celcius, sesak nafas, pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan jika sudah parah bisa menyebabkan kematian. [*]

Reporter: Abeth A. You

Editor: Uka Daida

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares