Hadapi UN tahun 2020, MKKS SMK Meepago gelar rakor

Paniai, [WAGADEI] – Dalam upaya meningkatkan kualitas kelulusan siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan [SMK], maka Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah [MKKS] SMK se wilayah adat Meepago dengan Dinas
Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Paniai mengadakan rapar kordinasi [rakor].

Pihaknya menggelar kegiatan tersebut di aula SMK Negeri 1 Paniai, Senin, [10/2/2020]. Dihadiri oleh Plt. Sekretaris Dinas P dan P Kabupaten Paniai, Agus Kobepa, dan 21 orang kepala SMK wilayah Meepago.

Ketua MKKS SMK wilayah Meepago, Yustus Paisei  mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakn untuk peningkatan kompetensi para guru dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020.

“Yang mana pada tahun sebelumnya peserta UN dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP)  diikuti oleh beberapa sekolah, jadi ini termasuk persiapan memberikan penguatan supaya tahun-tahun mendatang semua bisa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Syukur kalau tahun depan 21 SMK ini UNBK,” ujar Yustus Paisei,

Menurut kepala SMK Negeri 2 Nabire ini, pihaknya menggelar setiap tahun. Salah satu tujuannya agar para guru bidang studi bisa saling memahami atau mengerti materi soal yang dibahas lewat bimbingan pemateri tersebut.

Lanjutnya, ke depan berharap bisa laksanakan bedah SKL ini selain dapat memberikan pemahaman kepada para guru bidang studi juga dapat menjalankan program-program yang dirancang oleh MKKS sehingga terwujudnya mutu pendidikan yang diinginkan.

Menurutnya, hasil rapat koordinasi diantaranya bahwa UN tingkat SMK mengikuti jadwal yang sudah ditentukan yaitu pelaksanaan ujian SMK secara serentak dimulai tanggal 16 sampai dengan 19 Maret 2020.

“Selain itu paling penting adalah mutu prestasi nilai ujian nasional tersebut. Jadi kami putuskan bahwa pembuatan soal USBN dibuat dari masing-masing sekolah, dan itu dijamin aturan melalui musyawarh guru bidang studi,” katanya.

Untuk jadwal pelaksanaan UKK, ia menambhakan, akan dilaksanakan masing-masing sekolah setelah selesai Ujian Nasional, yang dijadwalkan mulai tanggal 1 April sampai dengan 3 Mei 2020.

Kepala SMK Negeri 1 Paniai, Yuliton Degei mengharapkan agar semua siswa dari seluruh SMK yang eksis di wilayah Meepago akan mampu berkompetisi dan lulus UN dengan peringkat terbaik.

Kata Degei, kali ini pertemuan lebih khusus  untuk membicarakan persiapan-persiapan terkait pelaksanaan UN.

“Jadi kesiapan kita dari sisi peserta, bagaimana mereka menyiapkan siswa untuk mengikuti try out, kemudian bagaimana sistem pengawasan dan pembuatan soal “ ujar Yuliton. [*]

Reporter: Abeth A. You
Editor: Uka Daida

2,272 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares