Insan pers di Papua harus cerdas pilih berita

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Dewasa ini kebutuhan masyarakat akan  informasi semakin tiggi, pasalnya dengan hadirnya berbagai meia massa akan semakin banyak bekal untuk menghadapi tantangan zaman. Media informasi selain menyediakan berbagai informasi berita, juga tentu akan menghadirkan  ilmu dan berbagai pembelajaran berharga di dalamnya.

Insan Pers Indonesia merayakan Hari Pers Nasional (HPN) pada setiap 9 Februari. Untuk tahun 2020, HPN digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan [Kalsel] sejak tanggal 7 -9 2020. HPN ditetapkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia yang didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.

Berkenaan dengan HPN ini,  Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Nabire, Yermias Degei menyampaikan Selamat HPN kepada seluruh insan pers Indonesia,  khususnya di tanah Papua dan dI Nabire.

“Saya sebagai mantan wartawan,  saya menyampaikan Selamat HPN tahun 2020 kepada insan pers Indonesia, khususnya di tanah Papua. Tugas anda adalah penting dan menentukan untuk kemajuan Papua. Dan karena itu,  verifikasi adalah mutlat agar informasi yang kita wartakan dan media kita memiliki kredibilitas, ” kata Degei kepada wartawan di Nabire akhir pekan kemarin.

Menurut dia, pers memiliki peran penting dalam era demokrasi sekarang, sebab pers adalah salah satu wadah ekspresi rakyat, tempat komunikasi dan pengawasan rakyat dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

“Itu artinya ruang untuk rakyat bicara dan ruang untuk mengkomunikasikan masalah yang dihadapi rakyat sangat terbuka dan besar di media massa,” kata Degei.

Oleh karena itu, pada HPN tahun 2020 ini ia beringinan berbagi dan sekaligus mengoreksi diri bahwa sesungguhnya pers adalah sektor penting bagi kemajuan daerah. Karena itu,  pemerintah daerah di Papua tak perlu alergi dengan media atau wartawan untuk menjawab dan memberikan data atau kerja sama karena mereka adalah penyambung antara pemerintah dan rakyat. Tetapi,  tentu saja harus terverifikasi, dan obyektif.

“Sekali lagi,  saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada insan pers.  Kerja kalian sesungguhnya tidak mudah dan luar biasa,” kata dia.

Ia juga menghimbau agar masyarakat percaya pada media yang kredibel, yang jelas alamatnya dan wartawannya. “Ini agar tidak tersesat dengan informasi yang ada di media sosial dan media warga. Kalau alamat media jelas,  wartawan jelas,  medianya jelas maka kita mudah untuk klarifikasi jika ada yang keliru dalam pemberitaan atau dapat dipercaya dengan isi beritanya.  Kalau alamat media dan wartawan tidak jelas,  bagaimana mau kita percaya,  orang dan alamat medianya saja tidak  kita tidak tahu,” kata Degei.

“Kita perlu catat bahwa tanah Papua hanya bisa dibangun atas dasar informasi yang benar,  jujur, narasunber yang jelas dan kredibel,  dan obyektif yang diwartakan oleh media yang jelas alamat redaksinya,  ada box redaksinya, dan wartawan yang jelas orangnya, ” kata Yermias.

Natan Pigai, Kasubag Pemberitaan pada Bagian Humas Setda Kabupaten Paniai mengatakan, setiap hari wartawan menyapa publik dengan informasi. Tak peduli apakah informasi yang disajikan diapresiasi atau dicaci. Semuanya semata untuk memenuhi kewajibannya terhadap publik.

“Wartawan memberikan informasi berdasarkan kebenaran yang diyakininya benar dan hasil check and recheck. Terkadang resiko kehilangan nyawa tanpa ia sadari mengancam diri dan keluarganya,” ujar Pigai. [*]

Reporter: Abeth A. You
Editor: –

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (5)

  1. My name is Zac Hennessy but everybody calls me Zac. I’m from Great Britain. I’m studying at the university (2nd year) and I play the Lute for 5
    years. Usually I choose music from the famous films ;).

    I have two brothers. I love Auto racing, watching TV (American Dad) and Seashell Collecting. http://aaa-rehab.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *