Bus Damri rute Paniai – Nabire, dilauncing Bupati dan Wakil Bupati Paniai

Paniai, [WAGADEI] – Bupati Paniai, Meki Nawipa mengatakan, dengan diresmikannya pengoperasian angkutan umum Bus Damri untuk rute Enarotali – Nabire akan memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat, terutama mama-mama yang biasa jualan hasil kebun.

“Beroperasinya Bus Damri ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan umum masalah angkutan umum yang aman, dan terjangkau. Terimakasih atas bantuan Bus Damri angkutan perintis di Kabupaten  Paniai”, ujar Bupati Nawipa dalam sambutannya di terminal Madi, Rabu, [29/1/2020].

Kesempatan itu ia juga Bupati Meki menyampaikan terima kasih yang amat mendalam kepada John NR Gobai, karena kehadiran dua armada Bus Damri merupakan hasil perjuangannya semasa menjabat sebagai anggota DPR Papua jalur pengangkatan periode 2014-2019.

“Terima kasih saudaraku John Gobai, atas upayamu bisa hadir kendaraan ini di sini, kami mau ada DPR asli suku Mee seperi dirimu supaya bisa membantu kita punya masyarakat,” ucapnya.

Ia juga berharap, kehadiran Bus Damri ini awal yang baik setelah pihaknya telah melakukan MoU dengan pesawat rute Nabire – Enarotali, dan Enarotali Timika pada beberapa pekan lalu di bandara Enarotali.

Ke depan, kata dia rute Bus Damri bisa terjangkau ke seluruh wilayah Kabupaten yang ia pimpin. Bupati juga mengajak masyarakat secara bersama-sama dalam menjaga, merawat dan mengawasinya, sehingga bus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat agar perjalanan lebih efisien dengan biaya transportasi yang murah.

Deputi Usaha Devisi Regional wilayah IV Perum Damri Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara, Robertus Mansoben mengatakan, pihaknya memilih rute Paniai ke Nabire melalui sejumlah kriteria telah terpenuhi.

“Salah satunya karena jalan dan jembatan sudah bagus. Sehingga atas usulan dari DPR Papua kami tetapkan di sini,” katanya kepada wagadei.com.

Kehadiran Bus Damri, lanjutnya tentunya melalui beberapa pertimbangan seperti untuk memenuhi kebutuhann angkutan umum bagi masyarakat Paniai, karena armada bus tersebut .

“Kondisi armada tersebut cukup baru sehingga akan menjamin kenyamanan bagi penumpangnya. Bus damri berpenumpang sebanyak 26 orang dengan tempat duduk dua kiri dan kanan,” katanya.

Usai melakukan launching Bupati Meki didampingi Wabup Gobai dan pejabat lainnya melakukan pengecekan fasilitas dan uji coba dengan mengendarai Bus Damri mengelilingi Kota Madi hingga Enarotali dan sebaliknya berhenti di halaman kantor Bupati. [*]

Reporter: Enaakidabii Carvalho
Editor: Aweidabii Bazil

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares