Dilantik di Jayapura, Kepala SMA YPPK Epouto – Paniai gelar syukuran bersama masyarakat

Epouto, [WAGADEI] – Emerikus Tekege dilantik menjadi Kepala SMA YPPK St. Fransiskus Assisi Epouto, Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai oleh Gubernur Papua di Jayapura pada pertengahan bulan Desember 2019 lalu bersama ratusan kepala SMA lainnya di seluruh Provinsi Papua.

Atas pelantikan itu, Emerikus Tekege menggelar syukuran dalam bentuk misa sebagai bentuk ucapan syukur kepada sang pencipta yang digelar halaman sekolah tersebut.

Acara itu diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paroki Epouto, Rm. Sebast Maipai Wiiyai dihadiri perwakilan Dinas P dan P Paniai, Ketua PSW YPPK Paniai dan tamu undangan lainnya serta masyarakat distrik Yatamo dan Deiyai Miyo.

Usai kegiatan Emerikus Tekege kepada wagadei.com mengatakan, tahun 2016 ia dilantik oleh mantan Bupati Paniai, Hengki Kayame gantikan Yoseph You.

Kesempatan itu ia juga meminta kepada masyarakat sekeliling danau Tage Biru dan kali Yawei agar anak-anaknya menyekolahkan di sekolah itu, sebab sekola itu telah terakreditasi B.

“Sekolah ini sudah terakreditasi B. Tapi kenapa bapa, ibu di wilayah ini punya anak kirim ke perkotaan saja?,” katanya.

Sebab, menurut dia, sekolah itu hadir atas keinginan masyarakat.  Oleh karenya,ia meminta semua anak yang sekolah di SD dan SMP YPPK Epouto wajib sekolah yang dipimpin.

“Saya ini biasa ragu, kenapa masyarakat kirim anak-anak yang berasal sini dan sekolah dari sini ke luar sana. Harusnya mereka sekolah di sini,” ucapnya.

Selain terakreditasi B, ia juga mengatakan sejak SMA itu berdiri tahun 2011 setiap kali ujian nasional siswanya selalu lulus 100 persen. “Nah itukan bukti nyata,” ucapnya.

Simon Mote, kepala PTK Dinas Pendidikan dan Pengajaran Paniai menantang siswa-siswi yang masih berada di bangku SMP YPPK Epouto agar masuk di sekolah yang berada di pinggiran danau Tage Biru itu.

“Sudah terbukti, Epouto itu daerah pendidikan sejak zaman Belanda. Semua orang-orang berguna dari pegunungan ini pasti menimba ilmu di sini. Karena itu, anak-anak harus masuk dan selesai SMA juga dari sini,” katanya. [*]

Pewarta: Enaakidabii Carvalho
Editor: Aweidabii Bazil

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares