DPRD minta tuntaskan pembangunan asrama Deiyai di Jayapura

  • Bagikan

Deiyai, [WAGADEI] – Proses pembangunan asrama mahasiswa Deiyai di Jayapura yang dibangun ketika masa Penjabat Bupati Deiyai, Hengky Kayame pada tahun 2011 hingga sekarang masih belum rampung 100 persen.

Akibatnya, para mahasiswa asal Deiyai di Jayapura justru tinggal di kos-kosan sehingga terkesan memakan biaya cukup tinggi.

Melihat kondisi itu, anggota DPRD Deiyai, Hendrik Onesmus Madai meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah [OPD] terkait harus tuntaskan pada tahun 2020.

“Saya minta kepada OPD terkait harus masukkan program ini dalam pembahasan Musrenbang dan bisa disidangkan dalam APBD nanti. Kalaupun tidak, OPD terkait juga harus dorong supaya selesai tahun 2020 ini,” ujar Hendrik Onesmus Madai Kamis, [2/1/2020].

Menurut mantan jurnalis Jubi ini, mahasiswa merupakan tongkat estafet bagi masyarakat dan daerah Deiyai maka jangan diabaikan.

“Mahasiswa ini nantinya akan menjadi pengganti kita. Jangan lupa selesaikan tempat tinggal mereka. Itu supaya mereka bisa belajar dan kembangkan kreativitas mereka supaya selesai kuliah bisa pulang ke daerah untuk bangun negeri kita,” katanya.

Ia mengaku kecewa tujuh tahun lamanya pembangunan asrama mahasiswa oleh Pemda Deiyai tidak kunjung selesai. Padahal, menurut dia jumlah mahasiswa dari negeri Tigi cukup banyak dibanding dari daerah lain.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai, Piter Adii mengatakan, pembangunan asrama tinggal 30 persen sehingga pihaknya akan maksimal dalam tahun anggaran 2020 ini.

“Benar, asrama ini kami prioritaskan. Harap tahun 2020 ini sudah rampung dan anak-anak [mahasiswa] bisa tempati,” ujarnya. [*]

Pewarta: Abeth A. You

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *