Dorong kampung kreatif, DPMK Paniai gelar bursa inovasi desa

  • Bagikan

Paniai, [WAGADEI] – Sebanyak 216 desa mengikuti Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung [DPMK] Kabupaten Paniai, Senin, [2/12/2019] di aula kantor Bupati Paniai.

Plt. Kepala DPMK Paniai, Alberth Adii mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka optimalisasi penggunaan dana desa, serta alokasi dana desa melalui inovasi yang dilakukan dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang.

“Kegiatan ini kami buat untuk meningkatkan efektivitas dana desa, serta meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam rencana dan pelaksanaan pembangun serta pemberdayaan desa. Karena program di desa belum banyak berkembang, sehingga dengan adanya bursa inovasi desa diharapkan dapat menciptakan perubahan,” kata Adii usai kegiatan kepada wagadei.com

Bupati Paniai, Meki Nawipa yang hadir buka kegiatan mengatakan, bursa inovasi desa dilakukan guna mengoptimalisasi dana desa. Sehingga, dana desa bisa menjadi pemantik pengembangan kreativitas desa.

“Selain itu, ajang ini juga sebagai forum pertukaran informasi antar kepala desa serta antar kecamatan, sehingga masing-masing desa bisa saling memperkenalkan perkembangan desanya, baik aspek ekonomi atau SDM,” ujarnya.

Kesempatan itu Bupati juga mengapresiasi kreativitas desa Enarotali yang sudah punya banda usaha milik desa [BUMDES] yakni depot air dan kursi sewa.

“Maka perlu adanya sinergitas antara kepala desa dan bupati. Kalau saya bangun rumah warga dan lampu, kepala desa bisa masukan air bersih dan mck,” katanya.

Tenaga ahli kabupaten Paniai, Andreas Degei mengatakan, dengan adanya inovasi desa tersebut diharapkan bisa meningkatkan status masing-masing desa tersebut.

“Harapannya nanti desa-desa ini menjadi desa mandiri, karena inovasi ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Degei. [*]

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *