Korban sudah banyak, Pemkab Nabire masih beri izin jual miras

  • Bagikan

Nabire, [WAGADEI] – Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Dogiyai, Yusak Ernes Tebai mengatakan, imbas dari iizn distribusi atau penjualan bebas yang diberikan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Nabire terhadap pedagang minuman keras [mirass] membuat masyarakat di kabupaten tetangga  seperti Dogiyai terus berjatuhan korban.

“Kabupaten Nabire disebut-sebut sebagai pintu masuk peredaran miras di beberapa kabupaten seperti Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak, dan Puncak Jaya.  Oleh karena berbagai pihaknya mendesak Pemkab Nabire harus tutup atau cabut izin jual di daerah itu,” kata Yusak Ernes Tebai  kepada wagadei.com, Sabtu,[26/10/2019].

Ia meyakini apabila Pemkab Nabire tidak izinkan jual pasti masyarakat aman. Sebab, Nabire baiakan pintu umum entah hal positif maupun negatif. .

“Semuanya ada di Nabire. Kitakan satu pintu, jadi naik dan turun bebas,” katanya.

Tebai juga bilang bahwa hal itu pernah disampaikan mantan wakil Bupati setempat, mendiang Herman Auwe bahwa bahwa Pemerintah Kabupaten Nabire agar meminimalisir peredaran miras tersebut.

Ia meminta Bupati dan Wakil Bupati surat perizinan dikeluarkan oleh dinas terkait melalui bupati segera dibatalkan dan ditutup. Jika tidak diindahkan, ia berkeyakinan masyarakat yang menajdi korban akan segera tuntut kepada Pemkab Nabire.

Sekretaris Yayasan Swamemo Meepago, Yohanes Kobepa mengatakan, peredearan miras yang selama ini terjadi bukan hanya distribusikan ke agen-agen di kabupaten, tetapi juga ada agen di tempat-tempat pertambangan illegal.

Mirisnya, ia mengungkappkan bahkan juga di areal penambangan emas di Degeuwo pun dibuka agen penjualan miras.

“Kami meminta agar Bupati Nabire memperhatikan peredaran miras di Nabire, karena Kabupaten terdekat lainnya mendapatkan imbas dari peredaran miras tersebut,” katanya.

Ia berharap, Pemkab Nabure harus berani berani mengambil kebijakan terkait pencabutan Perda tentang peredaran Miras di Nabire tersebut. [*]

Pewarta: John Magai
Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *