Pemkab Dogiyai kerjasama Yayasan Jendela dapat program beasiswa dari MFAT

  • Bagikan

Dogiyai, [WAGADEI] – Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Dogiyai terus siapkan sumber daya manusia [SDM] guna menyukseskan visi ‘Dogiyai Bahagia’. Kali ini Pemkab setempat bekerja sama dengan Yayasan Jendela mendapatkan kesempatan tawaran beasiswa dari New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade [MFAT].

Ketua tim kerja Yayasan Jendela, Dr. drg. Yohanes Tebai, MH.Kes  mengatakan, kesempatan ini dikhususkan generasi muda pada usia 30 tahun asli Dogiyai akan mengikuti pembekalan dan pelatihan kepemimpinan dalam satu semeseter  [selama enam bulan] di Auckland Technology University (AUT) New Zealand pada Juni 2020 mendatang.

“Ini merupakan kesempatan emas pertama bagi warga Dogiyai akan menjadi indikator ketuntasan kerja Yayasan agar diberikan kesempatan beasiswa serta tawaran kegiatan lain lagi. Pendaftaran peserta yang mendapat rekomendasi dari Yayasan Jendela dan persetujuan Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa dapat dikirim paling lambat 14 Januari 2020,” ujar Dr. drg. Yohanes Tebai, MH. Kes kepada wagadei.com, Kamis, [24/10/2019].

Tawaran ini datang setelah tim yang didatangkan Pemkab Dogiyai melalui Yayasan Jendela dengan tujuan promosi wisata, kerjasama pendidikan dan kerjasama pelayanan kesehatan di Dogiyai. Yayasan Jendela hadir di Dogiyai baru dua bulan, mulai bulan September 2019 untuk bersama-sama dengan Pemkab setempat dengan visi Dogiyai Bahagia untuk membangun Dogiyai.

Dikatakan Tebai, syarat utama beasiswa tersebut adalah sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor minimal 400. Sehingga Yayasan Jendela mengandeng Mr. Kaspar Anderegg dari negara Swiss untuk menjadi manager kursus TOEFL ITP di Dogiyai yang  telah dibuka secara resmi pada 16 Oktober 2019 di SMK Negeri 2 Wadio, Nabire.

Kegiatan ini dibuka oleh Mr. Anderegg dan dihadiri perwakilan peserta kursus dari kelas Dogiyai dan Nabire. Kedatangan Mr. Kaspar Anderegg sebagai koordinator promosi wisata Swiss diisi juga dengan kegiatan Yayasan Jendela yang disuport penuh oleh Bupati Yakobus Dumupa.

“Itu sebagai kegiatan promosi potensi wisata ‘Dogiyai Bahagia’ turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dogiyai, pak Pekei,” ucapnya.

Yayasan Jendela akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengirimkan beberapa orang muda Dogiyai untuk diseleksi dalam belajar satu semester di AUT New Zealand sebagai agen perubahan wilayah Kamuu dan Mapia.

Menurut Tebai, pihaknya juga akan membuka bimbingan belajar untuk pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Indonesia di Dogiyai. Karena pelajaran di sekokah selama ini dirasa masih kurang optimal, sehingga perlu ada tambahan yang diiringi dengan tes evaluasi untuk memastikan tingkat penyerapan materi.

“Kami terget akan mengirim paling sedikit lima orang ke luar negeri dan 10 orang ke dalam negeri, tidak menutup kemungkinan lebih sesuai kesiapan dan kemampuan warga Dogiyai,” ujarnya.

Ketua Yayasan Jendela, Mrs. Sastri, mengatakan pihaknya sedang menerapkan program SAKSI Dr. Tebai, [Satu Keluarga Satu Instruktur] yaitu setiap keluarga memiliki satu instruktur kesehan yang dilatih agar mengerakkan kesehtan keluarga dan diawasi oleh Puskesmas.

Program ini kata Sastri, pertama di Indonesia dan diterapkan di Kabupaten Dogiyai melalui Puskesmas Bomomani sebagai pilot project, hal ini sudah dikoordinasi dengan Kepala Distrik Mapia dan musyarawah pimpinan se Distrik Mapia. Maka, pihaknya melakukan pendampingan dalam penerapan percepatan pelayanan kesehatan.

“Apabila berhasil maka program ini akan diterpakan ke Puskesmas lainya yang mau menerapkannya. Yayasan Jendela juga menerima mahasiswa kedokteran dan dokter umum untuk dipersiapkn TOEFL untuk masuk pendidikan dokter specialis sebagai syarat utamanya,” ungkapnya.

Hal ini pihaknya singkronkan dengan Pemda Dogiyai yang sudah melakukan kerjasama pendidikan kedokteran dengan Fakultas Kedoktrean Universitas Indonesia [UI]. Maka, kehadirannya optimis berkontribusi membangun Dogiyai di bawah kepemimpinan Yakobus Dumupa dan Oskar Makai. [*]

Pewarta: Christ M. Degei

Editor: Aweidabii Bazil

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *