Biayai mahasiswa keguruan dan kedokteran, Pemkab Paniai akan programkan beasiswa

Paniai, [WAGADEI] – Guna meringankan beban perkuliahan bagi mahasiswa Keguruan, Ilmu Pendidikan dan kedokteran asal Kabupaten Paniai di seluruh indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paniai akan program beasiswa.

Hal itu dikatakan Bupati Paniai, Meki Nawipa bahwa kini pihaknya berupaya agar dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu, bidang pendidikan telah menjadi fokus yang harus dikembangkan agar lebih berkualitas.

“Untuk itu, Pemkab Paniai akan programkan beasiswa bagi yang sedang dan yang akan kuliah di jurusan keguruan dan ilmu pendidikan serta jurusan kedoktoran,” ujar Meki Nawipa kepada wagadei.com, Senin, [21/10/2019].

Kata Meki, pihaknya masih fokus kerja menyelamatkan tenaga guru dengan cara beri para guru peluang pengabdian di lapangan dengan jaminan bina karakter di sekolah karakter di Surabaya.

Untuk tangani hal itu, lanjut dia, dirinya telah membentuk sebuah wadah yang bernama Ikatan Peduli Pendidikan Paniai Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IPPP-MKP se Indonesia) yang diketuai Yanto Kadepa.

“Saya pesan kepada ketua datakan semua mahasiswa FKIP Se-Indonesia yang sudah dan akan wisuda pada tahun 2019 ini selama satu minggu ini. Kemudian kirim supaya kita sekolahkan mereka di sekolah pembentukan karakter atau kerap dipanggil profesi guru di Surabaya,” ungkapnya.

Ketua IPPP-MKP SE-INDONESIA Yanto Kadepa mengatakan, dirinya telah melaksanakan pendataan  hanya belum selesai revisi sehingga dalam waktu dekat akan segera berikan kepada Pemkab. “Agar supaya bagimana untuk selamatkan mahasiswa FKIP Se-Indonesia yang sedang kuliah maupun akan wisuda dalam tahun ini 2019 demi kemajuan pendidikan Paniai,” ucapnya.

Selama ini, kata dia, pemerintah tidak pernah membuka peluang kerja sesuai profesi lulusan sarja di  lapangan sehingga dianggap bodoh.

“Mahasiswa di jurusan keguruan dan ilmu pendidikan itu Pemerintah harus perhatikan baik dalam hal beri peluang pengabdian. Itu agar mereka tidak berfikir ke dunia lain seperti dunia politik, dunia bisnis dan lainnya,” ujarnya. [Abeth A. You]

Editor: Aweidabii Bazil

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares