Nama adat Pastor Yuvensius Tekege diberikan di Modio

Modio, [WAGADEI] – Pastor Yuvensius Tekege, Pr telah melaksanakan misa perdananya di gereja Katolik Santa Maria Bunda Rosario Modio, Dekenat Kamuu – Mapia, Keuskupan Timika, pada Minggu, [13/10/2019].

Pada misa itu Pastor Yuvensius yang baru saja ditahbiskan pada 4 Oktober 2019 bersma empat rekannya di gereja Katedral Tiga Raja Timika oleh Uskup Agats, Mgr. Aloysius Murwito, OFM ini diberikan nama adat ‘Auki Iyabii’.

Pemberian nama digelar di halaman gereja Katolik Modio sebelum perayaan misa syukur dimulai oleh tiga orang tetua Modio, diantaranya Yonas Tekege didampingi Barnabas Boga dan Yulius Pugiye disaksikan ratusan umat.

Awalnya saling berikan nama adat dari keluarga besar Yipai, Tigi Barat dan mereka yang datang dari Epouto,Tage. Namun semua ditolak oleh tiga orang diatas sebab pemberian nama sesuai dengan mimpi yang disampaikan oleh sang Ilahi.

Kiike Auki Iyabii kiimenegaoo yang artinya Pastor ini kami beri nama adat Auki Iyabii (Auki yang baru),” teriak tetua Modio, Yonas Tekege langsung diiyakan oleh semua orang.

Perayaan misa syukur didampingi Pastor Paroki setempat, P. Alfonsius Biru Kira, Pr itu berjalan penuh hikmat. Semua umat Katolik dari 10 stase turun hadir, mereka menyanyikan lagu-lagu tradisional nan merdu.

Dalam homili, P. Yuvensius Auki Iyabii Tekege, Pr mengungkapkan alasan digelarnya misa perdananya di Mapia Tengah. Menurutnya, misa tersebut sesuai petunjuk Tuhan Allah melalui pergumulannya sejak ditahbiskan menjadi Diakon tahun 2013 silam di paroki Kristus Terang Dunia Waena oleh Mgr. Leo Laba Ladjar, OMF.

“Sejak tahun 2014 itu sudah ada petunjuk oleh Tuhan Allah dan Auki Tekege. Makanya setelah ditahbiskan jadi Imam saya berinisiatif harus ke Modio. Jadi ini bukan rencana saya,” kata Pastor Auki Iyabii Tekege.

Loading ….

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares