Nabire, satu-satunya Kabupaten di Papua raih Innovative Government Award 2019

Jayapura, [WAGADEI] – Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Nabire, Papua mendapatkan penghargaan peringkat kedua di bidang inovasi pelayanan kepada masyarakat dan tata kelola pemerintahan kategori daerah tertinggal.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri [Mendagri], Tjahjo Kumolo pada malam penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2019 di Ballroom Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, [7/10/2019].

Kabag Humas dan Protokol Setda Nabire, Yermias Degei kepada wagadei.com mengatakan, juara kedua Pemerintah Kabupaten/Kota terinovatif kategori daerah tertinggal ini diraih oleh Kabupaten Nabire.

“Melalui sejumlah tahapan penilaian dari Litbang Kemendagri yang melibatkan sejumlah akademisi dari Perguruan Tinggi [PT] dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia [LIPI] yang diakhiri dengan presentasi oleh kepala daerah,” tulis Yermias Degei dalam keterangannya bernomor: 37/Humas-NBX/PR/X/19.

Bupati Nabire,  Isaias Douw mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan OPD dan semua ASN atas kerja sama dan kerja kerasnya dalam melaksanakan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat dan tata kelola pemerintahan.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Nabire dan aparat TNI dan Polri atas  dukungannya dalam berbagai hal,  khususnya dalam hal menjaga stabilitas keamanan daerah sehingga berbagai program pemerintah daerah dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Bupati Isaias.

Penghargaan ini, kata Isaias, menjadi motivasi untuk terus melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan kabupaten Nabire ke depan.

Sebagai Ketua Asosiasi Bupati Wilayah Meepago juga terus menerus berpesan kepada masyarakat agar tidak boleh terpengaruh dan terprovokasi dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

“Saya pesan kepada warga Meepago agar menjaga stabilitas keamanan,  menjaga kerukunan antar agama dan suku agar pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat berjalan sebagaimana mestinya,”kata Isaias.

Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap daerah lain juga ikut menampilkan inovasi. Sebab banyak penghargaan serupa akan diberikan ke sejumlah daerah yang sama.

“Secara singkat kami ingin mengatakan bahwa ada kemajuan dibanding tahun lalu. Di tingkat provinsi masih sama, tapi di tingkat kabupaten/kota muncul beberapa daerah-daerah baru yang mendapatkan penghargaan,” kata Tjahjo dalam sambutannya.

“Jadi saya kira dari 534 kabupaten/kota dan provinsi harapan kami harus tampil inovasi-inovasi. Tapi tetap masih hampir 80% dari media, Bappenas, MenPAN-RB dan keuangan, kesehatan, dari pekerjaan umum itu daerahnya masih sama,” katanya. [Abeth A. You]

 

Berikut daerah yang mendapat penghargaan Inovatif Goverment Award 2019:

  1. Kategori Daerah Perbatasan dan Daerah Tertinggal; Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Morotai, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Nabire.
  2. Kategori Kabupaten Terinovatif; Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Malang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banggai, Kabupaten Agam, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Padang Pariaman.
  3. Kategori Kota Terinovatif; Kota Denpasar, Kota Bogor, Kota Bontang, Kota Malang, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Makassar, Kota Magelang, dan Kota Surakarta.
  4. Kategori Provinsi Terinovatif; Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Riau.

488 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares