UT Nabire gelar OSMB dan PKBJJ

Nabire [WAGADEI] – Universitas Terbuka [UT] melaksanakan kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru [OSMB ] dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh[PKBJJ] pada Jumat, [5/10/2019] di SD Negeri Siriwini, Nabire, Papua.

Ketua Pengurus Pokja Cabang Nabire, Artik Artini mengatakan, ini merupakan kegiatan wajib untuk seluruh mahasiswa baru dengan tujuan memperkenalkan penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ) sehingga mahasiswa dapat siap dan terampil dalam menempuh studi di Universitas Terbuka.

“Sebab UT merupakan perguruan tinggi negeri yang terakreditasi dan mendunia, serta memiliki ISO 9001 dan sebagai anggota aktif dari International Council Open and Distance Education serta Asian Association Of Open Universities,” ujar Artik Artini daam sambutannya.

Menurut Artik, dibuka UT untuk masyarakat di Nabire dan sekitarnya tetapi bagi yang berminat memperoleh ilmu yang matang. “Saya tidak butuh uang, artinya bayar saja lalu ikut wisuda saja. Tetapi ia meminta kepada mahasiswa baru tahun anggaran 2019 bahwa harus mentaati pada peraturan UT sebaik mungkin,” katanya tegas.

Ia juga berharap supaya kegiatan itu lebih maksimal dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini lanjut dia, hampir 145 orang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa lebih mengenal UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh melalui pemutaran video maupun bahan presentasi mulai dari sejarah pendirian UT, struktur organisasi dan profil pimpinan di UT Pusat maupun di UPBJJ, sistem penjaminan kualitas, sistem registrasi, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, serta profil mahasiswa dan lulusan.

“Untuk kegiatan PKBM mahasiswa dilatih keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS, dan keterampilan mengakses layanan UT secara online. Pada hari terakhir diadakan klinik Tutorial online,”katanya.

Sekretaris Pokjar UT Nabire, Adam Fabanyo mengajak kepada seluruh mahasiswa baru bahwa ciptakan waktu untuk belajar di mana saja agar selesai dengan berisi ilmu pengetahuan yang utuh.

“Dan UT adalah umum untuk belajar yang mandiri. UT bisa belajar melalui media dan modul demikian juga ujiannya,” imbuhnya.

Ditambahkan, UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah belajar jarak jauh berarti pembelajaran tidak selamanya dilakukan secara tatap muka, untuk makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar dan waktu registrasi.

“Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan SMA dan sederajat,” ucap dia.

Pantauan jurnalis wagadei.com, dalam acara ini dimeriahkan tiga lagu yakni Indonesia Raya, Hymne UT dan Tanah Papua yang diciptakan Yance Rumbino. [Nori Douw]

Editor: Aweidabii Bazil

279 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares