Bupati dan Wabup Paniai turbun kopi warga

Paniai, [WAGADEI] – Bupati Paniai, Meki Nawipa dan Wakil Bupati [Wabup] Paniai, Oktopianus Gobai bersama sejumlah pejabat lainnya melakukan turun kebun [turbun]. Kegiatan itu merupakan peninjauan di areal perkebunan kopi milik warga di sejumlah kampung, Distrik Wegemuka, Senin, [30/9/2019].

”Pembangunan perkebunan menjadi program kami. Sehingga, saat tinjauan [melihat] ada petani yang berhasil, kami merasa bangga sekaligus antusias,” kata Bupati Meki Nawipa kepada wagadei.com, Selasa, [1/10/2019].

Menurut Bupati Nawipa, peninjauan dilakukan merupakan bentuk apresiasi sekaligus rasa bangganya melihat petani kopi daerah ia pimpin. Ia mengaku, beberapa kampung yang dikunjungi petani cukup berhasil.

“Kami temui perawatan dan pengelolaan tanaman kopi oleh petani mampu berbuah lebat. Itu sudah sangat luar biasa,” sambungnya.

Belakangan ini diketahui masyarakatnya terus gencar menggiatkan untuk mengelola tanaman kopi dengan maksimal. Sehingga, dengan potensi yang ada masyarakat akan lebih sejahtera.

“Terlebih, potensi lahan kopi yang dimiliki petani sangat besar. Ada lokasi dengan luas total sekitar dua hektare dan mampu menghasilkan 10 kg per-bulan.

Dia juga mengatakan penanaman kopi masih sangat berpeluang untuk ditingkatkan. Karena sebagian petani mampu menghasilkan 1,2 ton/hektare/tahun. Namun, jumlahnya baru di bawah 5 persen dari luas lahan.

“Saya lihat peluang pertumbuhan kopi di Paniai berpotensi, maka ketika dilantik program pertama yang saya sampaikan kepada masyarakat adalah tanam kopi.

Para petani juga menyampaikan beberapa kendala dalam distribusi hasil kopi, yakni belum ada produksi kopi, belum adanya peminat kopi di Paniail, jalan yang kurang memadai. Karena itu masyarakat tani berharap banyak kepada Pemkab Paniai untuk dapat memperhatikan beberapa kendala tersebut.

“Jadi petani bersama masyarakat sampaikan bahwa kunjungan kami tentunya akan dapat memberikan dampak kemajuan infrastruktur sehingga akan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat,” katanya mengutip ucapan petani.

Keuntungan peluang bisnis budidaya kopi yakni bisnis perkebunan  yang paling banyak untungnya. Harga jual dari kopi dapat dikatakan sangat besar atau tinggi di pasaran sehingga keuntungan yang di dapatkan terbilang besar.

“Selain dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat jangka panjang, tanaman kopi juga dapat menjadi cara pelestarian hutan, peresapan air yang bagus, dan banjir berkurang.  [Enaakidabi Carvalho]

Editor: Aweidabii Bazil

711 kali dilihat, 21 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares