DPP PDI P didesak segera gelar uji kelayakan calon ketua DPRD Dogiyai

Jayapura, [WAGADEI] – Masyarakat melakukan pemotongan ruas jalan raya di Bomomani, distrik Mapia menuju distrik Mapia Tengah, Mapia Barat, Piyaiye dan Sukikai Selatan bahkan terjadi pemalangan kantor pemerintahan.

Wakil Bupati Dogiyai, Oskar Makai mengatakan, pengrusakan fasiltas umum itu diduga dilakukan oleh pendukung dari beberapa orang yang masuk dalam calon ketua DPRD Dogiyai dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDI – P].

“Gara-gara belum ada uji kelayakan bagi mereka yang masuk dalam calon ketua DPRD dari PDI Perjuangan maka pendukungnya melakukan pengrusakan jalan raya dan palang beberapa kantor pemerintahan,” ujar Oskar Makai kepada wagadei.com di Jayapura, Kamis, [19/9/2019].

Oskar Makai meminta kepada Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [DPP PDI – P] agar segera selesaikan uji kelayakan bagi tiga orang calon ketua DPRD Dogiyai. Ia menduga apabila molor waktu akan melebar dan terjadi konflik horizontal.

“PDI Perjuangan memang pemenang Pileg Dogiyai kemarin,meraih enam kursi. Nah, ada tiga nama yang katanya usulkan ke DPP partai itu untuk ikut uji kelayakan. Tapi sampai sekarang belum jelas siapa yang diberikan rekomendasi. Makanya massa pendukung sudah mulai lakukan potong jalan raya, palang kantor dan lainnya,” ujarnya.

Ia menegaskan, dirinya tidak terlibat dalam urusan itu, namun sebagai pimpinan daerah merasakan sangat terganggu dengan aktivitas warga dan pelayanan pemerintahan setempat. “Ini sangat terganggu dengan sikap dari pendukung,” ucapnya.

“Jadi kami minta pimpinan partai tingkat provinsi Papua dan pusat segera mabil langkah lakukan uji kelayakan supaya tenteram kembali. Saya juga tidak bisa intervensi, soal siapa yang diusulkan adalah urusan partai itu sendiri,” ungkap Makai.

“Ini menghambat pembangunan Kabupaten Dogiyai, sehingga DPD PDIP, tingkat Provinsi Papua dan pusat segera menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Ketua KPU Dogiyai, Adrianus Gobai mengatakan, parpol pemenang pada kursi DPRD Dogiyai ditempatidiperoleh oleh  PDI Perjuangan sebanyak enak kursi.

Menurut Gobai, entah siapa yang diusulkan ikut uji kelayakan merupakan internal parpol tersebut, sebab pihaknya terbatas di pleno penetapan perolehan kursi saja.

“Kalau PDI Perjuangan dapat enam kursi, entah siapa yang diusulkan ikut uji kelayakan di pengurus pusat adalah urusan partai tersebut. Kami lepas tangan sisi ini,” katanya. (Abeth A. You)

 

 

1,295 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares