Pemdis Yatamo pasang papan transparansi penggunaan APBK

Enarotali, [WAGADEI] – Pemerintah Distrik [Pemdis] Yatamo, Paniai memasang papan transparansi penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung [APBK] di enam kampung, di antaranya Udaugi, Bunauwo, Butumo, Keniyapa, Edikumeida dan Memiyaibutu untuk tahun anggaran 2019.

Kepala Distrik Yatamo, Yanuarius Tekege kepada wagadei.com mengatakan, pemasangan papan informasi ini dilakukan sejak  sehari saja, Jumat, [6/9/2019] di papan nama masing-masing kampung di hadapan pendamping distrik, Simson Mote.

“Dengan adanya papan transparansi ini masyarakat Yatamo di enam kampung tadi dapat melihat langsung, dan sekaligus ikut mengawasi penggunaan anggaran Dana Desa dan Dana Desa [DD] dan Alokasi Dana Desa [ADD],” kata Yanuarius Tekege di Enarotali, Sabtu, [7/9/2019].

Tekege mengatakan, pemasangan papan informasi ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh pihaknya sebagai bentuk transparansi penggunaan keuangan desa dan menjadi bentuk pertanggung jawaban pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayahnya.

“Papan transparansi ini kami cetak dalam bentuk spanduk [baliho] berukuran 2×3 meter ini memuat pemaparan anggaran pendapatan dan belanja desa secara rinci. Sehingga masyarakat dapat mengetahui setiap kegiatan yang menyangkut penggunaan dana,” ungkap dia.

Pendamping Distrik Yatmo, Simson Mote mengatakan, setekah pihaknya memasang di enam desa akan dilanjut pemasangan pada empat kampung tersisa, yakni Wotai, Epouto,Dimiya dan Miyamo.

Simson mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawsan secara langsung sengaja dilakukan sebagai ujud transparansi dan akuntabilitas dari penggunaan dana desa tahun anggaran 2019 di daerahnya.

“Jadi belanjanya difokuskan pada empat bidang, seperti penyelenggaran pemerintahan kampung, pelaksanaan pembangunan kampung, pembinaan masyarakat kampung dan pemberdayaan masyarakat kampung,” ujarnya.

Ia menyatakan rasa syukur dengan terlaksananya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama, selain untuk terus meningkatkan sinergitas semua pihak. [Enaakidabi Carvalho]

Editor: Aweidabii Bazil

 

 

773 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares