Mahasiswa baru FKIP Uncen ajari pentingnya toleransi

Jayapura, [WAGADEI] – Penanaman  nilai keberagaman dan  toleransi antar sesama mahasiswa sebenarnya telah terkandung dalam berbagai mata pelajaran yang diterapkan di sekolah, namun memang dibutuhkan  tambahan agar tidak sebatas materi dibuku ajar yang umumnya hanya berbentuk narasi dan kurang variatif.

Karena itulah, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderwasih [BEM FKIP [Uncen] Jayapura melalui panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru [PKKMB] menginisiasi mahasiswa baru di fakultas tersebut agar tanamkan nilai kasih sayang dan toleransi yang tinggi.

Telius Wanimbo, ketua panitia PKKMB BEMF FKIP mengatakan, mahasiswa harusnya punya dua  pola fikir yaitu sistematik dan kritis.

“Itu agar semua masalah yang sedang menimpa di bumi Papua ini agar tidak ditipu oleh para penguasa-penguasa dan kita bisa menggugat apabila itu tidak diingini oleh masyarakat dan alam kita Papua,” kata Wanimbo kepada wagadei.com, Senin, [19/8/2019].

Mahasiswa sudah disatukan dalam Pancasila, tapi kalau masih saja rasisme dan saling bantai antara satu sama lain terutama ormas-ormas dan Kepolisan kepada mahasiswa dan masyarakat Papua, maka untuk apa adanya Pancasila.

Sekretaris BEM FKIP Uncen, Yanto Kadepa mengatakan, pentingnya acara inisiasi agar saling baku sayangi antara senior dan junior atas kesusahan dan kesedihan yang telah usai dalam kegiatan PKKMB BEMF FKIP Uncen kemarin.

“Mahasiswa tidak ibarat kupu-kupu, pergi kuliah dan pulang kuliah, tapi mahasiswa sebagai agen perubahan yang adalah modal masyarakat maka harus berfikir kritis agar semua persoalan yang terjadi di bumi Papua bisa amati  dan kritik secara kacamata mahasiswa,” bebernya.

Inisiasi tersebut sebagai bentuk perlawan kepada ormas-ormas dan Kepolisian  yang menghianati  terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dengan kata orang Papua adalah monyet. [Aweidabii Bazil]

Editor: Enaakidabi Carvalho

49,026 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares